Gus Muhdlor Siap Tuntaskan Bertahap Kemacetan di Sidoarjo

Jurnalis: Marno
Editor: Rudi

22 Maret 2023 10:41 22 Mar 2023 10:41

Thumbnail Gus Muhdlor Siap Tuntaskan Bertahap Kemacetan di Sidoarjo Watermark Ketik
Arus lalu lintas di Jalan Jenderal S Parman Waru yang sering terjadi kemacetan. (Foto: Marno/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Banyak titik-titik kemacetan arus lalu lintas di Kabupaten Sidoarjo yang belum terurai hingga bertahun-tahun. Bahkan hingga pergantian bupati berulangkali tak ada yang peduli untuk mencarikan solusi menuntaskan kemacetan di Kota Lumpur ini.

Namun kali ini Bupati Sidoarjo Ahmad Mudlor mulai mengurai kemacetan secara bertahap. Salah satunya titik kemacetan yang akan diatasi di Jalan Jenderal S Parman Waru, depan Rumah Sakit Mitra Keluarga Waru. Hal ini diungkapkan bupati saat meninjau pembangunan flyover Bundaran Aloha, Selasa (21/3/2023).

Penyebab kemacetan di Jalan poros Sidoarjo-Surabaya itu karena banyak kendaraan yang memutar di U turn dari arah Sidoarjo yang dipandu oleh sukarelawan pengatur lalu lintas (supeltas). Akibatnya kendaraan baik dari arah Sidoarjo maupun sebaliknya jalannya merambat, bahkan sering macet.

Sebenarnya U turn tersebut sempat ditutup oleh polisi, namun sekarang dibuka kembali sehingga kemacetan terjadi lagi.

Gus Muhdlor, panggilan akrab Bupati Sidoarjo itu berencana memperlebar Jalan S Parman menjadi 7 meter. Ia mengaku sudah on progress soal ruilslag tanah antara Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan RS Mitra Keluarga. 

"Harapan kami tujuh meter tanah di depannya dikasihkan kabupaten dan akan kita buatkan pulau jalan, sehingga putar balik tidak memakan jalan kendaraan,” papar putra ulama Gus Ali itu kepada wartawan.

Selain Jalan Jenderal S Parman Waru, Gus Mudhlor juga akan mengatasi kemacetan di tengah Kota Sidoarjo. Rencananya akan membangun underpass di Jalan Pahlawan, depan GOR Delta Sidoarjo.

"Harapan kami ada underpass dari Timur menuju Barat dan sebaliknya di perempatan depan GOR Sidoarjo," ujarnya.

Namun rencana tersebut, kata Gus Muhdlor masih perlu perhitungan yang matang terkait kekuatan APBD Sidoarjo. 

Alasannya tahun 2024 anggaran akan banyak digunakan untuk pesta demokrasi Pemilu "Ditunggu dulu karena anggaran pembebasan lahannya cukup berat bagi kekuatan fiskal kita," ujarnya. 

Gus Muhdlor berjanji akan menuntas kemacetan di Kabupaten Sidoarjo secara bertahap. Targetnya tiap tahun ada titik kemacetan yang bisa dituntaskan.

Kemacetan lainnya yang terjadi di Bundaran Aloha akan segera teratasi dengan ada pembangunan flyover. Penyelesaian proyek nasional ini membutuhkan waktu satu tahun. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Jalan macet Flyover sidoarjo aloha frontage Surabaya