Ikut Tangani Stunting, Rotary District 3420 Berikan Bantuan Perbaikan Gizi

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

15 Agustus 2023 07:15 15 Agt 2023 07:15

Thumbnail Ikut Tangani Stunting, Rotary District 3420 Berikan Bantuan Perbaikan Gizi Watermark Ketik
Pemberian bantuan berupa telur dari District 3420 (Kiri) Romy Junardy dan Ketua TP PKK Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi. (Foto: Dok. Distict 3420)

KETIK, SURABAYA – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-78 tahun dan ikut mendukung program eliminasi masalah stunting Rotary International District 3420 Indonesia  mengadakan acara  bertema  "Merdeka Membuka Potensi Diri pada di Atrium Pakuwon Mal Senin, (14/8/2023). 

Tujuan acara ini selain fellowship, kebersamaan, serta mengkampanyekan Unite & Take Action juga secara simbolis  dilakukan penyerahan bantuan untuk mendukung Surabaya Emas Pemerintah Kota Surabaya. 

District Governor 3420 Romy Junardy menjelaskan bahwa program ini sebagai dukungan Rotary terhadap stunting anak khususnya di Surabaya yang merupakan salah satu fokus kerja Rotary Club. 

"Take action juga untuk memberikan bantuan-bantuan ini juga kerja sama dengan Pemkot Surabaya yaitu dengan Ketua PKK Surabaya Rini Indiriyani Eri Cahyadi," papar Rony saat dihubungi Ketik Media Selasa, (15/8/2023). 

Kegiatan ini merupakan kegiatan keberlanjutan oleh Rotary District 3420 khususnya pada anak untuk penanganan stunting misalnya memberikan bantuan berupa gizi yaitu telur untuk anak Surabaya. 

"Memberikan telur kita kontribusi untuk program Surabaya Emas, memberi pelatihan pada ibu-ibunya untuk pijatan bayi-bayi biar lebih sehat," paparnya. 

Romy menjelaskan bantuan berupa telur sejumlah 1830 kg, buku untuk perpustakaan di Balai RW Surabaya, peluncuran program message bayi dan pemeriksaan gigi untuk siswa siswi taman kanak-kanak. 

Bantuan tersebut langsung diterima Ketua TP PKK Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi ini juga sebagai evaluasi bersama-sama untuk penanganan stunting yang didampingi langsung oleh RW hingga Kecamatana. 

"Jadi kita berkoordinasi dengan mereka semua," paparnya. 

Mengenai kolaborasi ini, Rini menyambut baik adanya program penanganan stunting agar Surabaya ini mampu zero stunting maka dari itu Rony mengajak 13 club Rotary Surabaya agar ikut juga menangani kasus stunting. 

"Saya mewakili District 3420 Indonesia ini mengajak 13 club ini untuk berpartisipasi bahkan yang di Jawa Timur mereka suppoty untuk Surabaya kami persilahkan," rinci Romy. 

Mengenai harapan kedepan, District 3420 akan terus mengawal kasus stunting, literasi dan terus berkolaborasi dengan Pemkot Surabaya agar kasus stunting benar-benar tidak ada di Kota Pahlawan ini. 

"Harapan kami ada perkembangan baik, misalnya kita membagikan dua telur untuk 1 anak tiap hari selama berapa lama, kita evaluasi, kita harus dapat hasil yang baik, jangan sampai gizinya tidak menambah," harap Romy. 

Foto Foto bersama District 3420 dan OPD Pemkot Surabaya. (Foto: Dok. District 3420)Foto bersama District 3420 dan OPD Pemkot Surabaya. (Foto: Dok. District 3420)

Mengenai tamu yang hadir pada acara Merdeka Membuka Potensi Diri yaitu Kepala Dinkes Surabaya Nanik Sukristna, Kepala DKPP Surabaya Antiek Sugiharti, Kepala DP3APPKB Ida Widayati, Camat Sambikerep Yongky Kuspriyanto, Camat Lakarsantri, Febriadhitya Prajatara, Camat Tandes Denny Christupel, Camat Benowo, Dwi Anggara Widia dan Camat Sukomanunggal IIn Trisnoningsih. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rotary Club District 3420 Hari Kemerdekaan Stunting zero stunting Romy Junardy Surabaya Emas Rini Indriyani Pemkot Surabaya