Indahnya Curug Cikaso Sukabumi, Lokasi Shooting yang Cocok untuk Healing

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

2 Mei 2024 01:15 2 Mei 2024 01:15

Thumbnail Indahnya Curug Cikaso Sukabumi, Lokasi Shooting yang Cocok untuk Healing Watermark Ketik
Curug Cikaso Sukabumi (dok. warga for ketik.co.id)

KETIK, SUKABUMI – Bagi warga Sukabumi dan sekitarnya, tak perlu jauh-jauh jika ingin menikmati indahnya pemandangan alam dan sejuknya air yang mengalir deras. 

Adalah Curug Cikaso yang terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memiliki keindahan tersembunyi. 

Dari berbagai sumber yang dihimpun, meskipun warga di tempat tersebut menyebutnya dengan panggilan Curug Cikaso, tapi air terjun ini sebenarnya memiliki nama Curug Luhur.

Air terjun ini memiliki ukuran lebar 100 meter dan ketinggian sekitar 30 meter. Curug Cikaso terdiri dari tiga titik aliran air dengan dasar air terjun berbentuk kolam yang berisikan air jernih berwarna biru.

Dua aliran air terjun tersebut sangat jelas terlihat, berbeda dengan satu aliran lagi yang agak bersembunyi di balik tebing. Ketiga aliran itu memiliki nama yakni, Curug Asepan, Curug Meong, dan Curug Aki.

Foto Curug Cikaso Sukabumi (dok. warga for ketik.co.id)Curug Cikaso Sukabumi (dok. warga for ketik.co.id)

Curug Cikaso kini dikelola oleh warga setempat, dan saat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan dari luar daerah, baik domestik maupun mancanegara. Tempat itu juga kerap digunakan untuk shooting film.

Gemuruh derasnya curug ini membuat nada alam yang menangkan. Selain hijaunya pepohonan, kebut air tak lupa titik–titik embun yang menghiasi dedauan menambah asrinya Curug Cikaso ini.

Wisatawan asal Cianjur bernama Suhendar mengatakan, di bawah Curug Cikaso, ada sebuah muara yang bernama Tegalbuleud yang sangat jernih dengan warna air biru kehijauan. 

"Muara tegalbuleud ini lumayan luas di mana bisa dimanfaatkan pengunjung untuk bermain air. Tetapi harapkan bagi pengujung berhati-hati karena muara ini sangat dalam, sekitar 15 meter, dan ada pusaran di bawah air yang cukup kuat," tuturnya, pada Rabu (01/04/2024).

Menurutnya, letak curug cukup jauh dari pintu masuk, artinya pengunjung yang ingin ke Curug Cikaso harus berjalan kaki lebih kurang sejauh 1 km. Jika, pengunjung tidak ingin jalan kaki, ada perahu sewaan untuk mengantarkan ke curug. Harga sewa perahu sebesar Rp 60.000 sampai Rp 100.000 yang dapat digunakan hingga 10 orang tergantung ukuran dan berat badan.

"Kalau dilihat dari lokasi maka air terjun ini sekitar 8 kilometer dari Surade, 15 kilometer dari Jampang Kulon, 32 kilometer dari Ujung Genteng, sekitar 98 kilometer dari Kota Sukabumi, dan sekitar 70 kilometer dari Palabuhanratu. Lokasi Curug Cikaso sudah ditandai dalam Google Maps," imbuhnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Curug Cikaso Sukabumi healing air terjun Shooting Indah