Air Terjun Rambo Terinting, Potret Kemegahan Alam Kalimantan

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

12 Juli 2024 23:14 12 Jul 2024 23:14

Thumbnail Air Terjun Rambo Terinting, Potret Kemegahan Alam Kalimantan Watermark Ketik
Air Terjun Rambo Terinting di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat (Foto: Pesona Indonesia)

KETIK, LANDAK – Riam Terinting atau Air Terjun Rambo Terinting adalah sebuah air terjun yang berada di Desa Engkangin dan Serimbu, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

Air Terjun Terinting berada di aliran Sungai Ensiang lalu terpotong sebuah patahan besar sehingga membentuk tebing terjal pada ketinggian dataran sekitar 400-600 meter di atas permukaan air laut. Ketinggian Air Terjun Terinting lebih dari 50 meter.

Keindahan Air Terjun Terinting terletak pada ketinggiannya, airnya kala menghantam tebing menciptakan percikan air yang segar.

Selain itu lokasinya yang terletak di tengah hutan membuat pemandangan di sekitarnya yang merupakan hutan hujan Kalimantan yang masih sangat asri dan alami.

Untuk menuju ke Air Terjun Terinting, para wisatawan pastikan memiliki stamina prima dan membawa perbekalan yang cukup. Perjuangan menuju lokasi air terjun ini memang melelahkan. Untuk mencapai air terjun ini, pertama kita harus menuju Kabupaten Landak.

Jarak tempuhnya sekitar 4-5 jam perjalanan darat dengan mobil atau motor dari Pontianak menuju Ngabang, Ibu Kota Kabupaten Landak. Kemudian perjalanan dilanjutkan lagi sekitar 2 jam ke Serimbu dan pos peristirahatan.

Dari pos peristirahatan, diperlukan waktu sekitar 6-7 jam trekking berjalan kaki menuju ke titik Riam Terinting. Oleh karena itu, selain harus didampingi pemandu lokal dan juga membawa perlengkapan tenda untuk bermalam, diperlukan stamina yang kuat jika ingin mengunjungi keindahan Riam Terinting.

Jalur yang dilalui bisa melewati Desa Jambu Tembawang atau Desa Engkangin melewati hutan belantara. Sangat dianjurkan menggunakan tenaga guide penduduk setempat yang akan membimbing perjalanan saat di hutan belantara.

Semua lelah yang dirasakan akan terbayar tuntas begitu kita sampai di lokasi. Lebih dari sekadar air terjun, kita akan disuguhi kemegahan alam dengan hamparan pemandangan hutan hujan yang berlapis kabut awan. Indah dan menawan.

Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi Riam Terinting, biaya yang diperlukan biasanya adalah untuk membayar guide agar kita tidak tersesat di dalam hutan, besarnya bayaran guide biasanya berdasarkan hasil kesepakatan bersama. (*)

Tombol Google News

Tags:

Air Terjun Rambo Terinting Kemegahan Indah Kabupaten Landak kalimantan barat