Inilah 3 Kandidat Calon Ketua DPRD Kota Malang dari Fraksi PDI Perjuangan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

14 Agustus 2024 09:25 14 Agt 2024 09:25

Thumbnail Inilah 3 Kandidat Calon Ketua DPRD Kota Malang dari Fraksi PDI Perjuangan Watermark Ketik
Ilustrasi pimpinan di DPRD Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pada 24 Agustus 2024 nanti, calon anggota DPRD Kota Malang periode 2024-2029 akan dilantik. Untuk posisi calon ketua, kini telah mengerucut tiga nama yang seluruhnya berasal dari Fraksi PDI Perjuangan.

Dalam Pileg 2024, Partai PDIP meraih kursi terbanyak yakni sembilan kursi. Hal tersebutlah yang menjadikan PDIP memiliki hak untuk menentukan ketua DPRD Kota Malang.

Ketiga calon Ketua DPRD Kota Malang 2024-2029 ialah I Made Riandiana Kartika, Amithya Ratnanggani Siraduhitta dan Harvard Kurniawan. Made sendiri sebelumnya telah menjadi Ketua DPRD Kota Malang untuk periode 2019-2024.

Sekretaris DPC PDIP Kota Malang, Eko Herdiyanto membenarkan usulan ketiga kandidat tersebut. Menurutnya DPC telah mengusulkan ketiga nama kepada DPP PDIP untuk selanjutnya dilakukan tahapan seleks uji kepatuhan dan kelayakan (UKK).

"Kami mengusulkan tiga nama itu berbarengan dengan calon kepala daerah. Kami menunggu jadwal dari DPP. Jika sampai pelantikan tanggal 24 Agustus belum ada, nanti ada ketua dewan sementara," ujar Eko, Rabu (14/8/2024).

Perlu diketahui selain telah menjabat sebagai Ketau DPRD Kota Malang 2019-2024, Made juga merupakan Ketua DPC PDIP Kota Malang.

Sedangkan Amithya dalam periode 2019-2024, telah menjabat sebagai Ketua Komisi D DPRD Kota Malang. Begitu pula dengan Harvard Kurniawan yang berada di komisi yang sama dengan Amithya sebagai anggota. 

Menurut Made, posisinya sebagai Ketua DPRD Kota Malang saat ini bukan berarti menguntungkannya untuk terpilih kembali. Semua kandidat memiliki peluang yang sama terpilih menjadi Ketua DPRD Kota Malang. Kini pihaknya akan menyerahkan keputusan kepada DPP PDIP.

"Kami menyerahkan ke DPP saja. Nanti mereka yang menilai," katanya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ketua DPRD Kota Malang DPRD Kota Malang Kota Malang Kandidat Ketua DPRD pdi perjuangan