Inilah Sosok Nayunda Nabila, Biduan yang Disebut Terima Uang dari SYL

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

1 Mei 2024 09:41 1 Mei 2024 09:41

Thumbnail Inilah Sosok Nayunda Nabila, Biduan yang Disebut Terima Uang dari SYL Watermark Ketik
Nayunda Nabila Nizrinah. (Foto: Instagram @Nayundanabila)

KETIK, JAKARTA – Mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) ditengarai sering menggunakan anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) untuk kepentingan pribadi. Salah satunya dengan menyawer biduan.

Anggaran yang dibayarkan pun cukup fantastis, sehari bisa antara Rp 50-100 juta rupiah. Anggaran tersebut diatasnamakan sebagai dana entertainment.

Salah satu biduan yang ditengarai menerima dana tersebut adalah Nayunda Nabila Nizrinah. Nama biduan tersebut disebutkan dalam sidang kasus korupsi yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Salah satu saksi di persidangan, Arief Sopian yang merupakan mantan Koordinator Subtansi Rumah Tangga (Rumga) menyebut bahwa SYL kerap kali mentransfer sejumah uang dengan nominal yang cukup besar kepada penyanyi yang hadir di acara Kementan. Salah satunya kepada Nayunda Nabila 

"Makanya ingin saya tanyakan, karena saksi menyebutnya beberapa kali ya, sekitar 50 sampai 100 juta sekali mentransfer untuk entertain. Ini maksudnya entertain kaya gimana?" tanya jaksa.

"Kalau khusus yang tadi ke Nayunda tadi. Kalau saya cek ini Nayunda ternyata Rising Star Idol. Itu berapa kali ke Nayunda?" tanya jaksa KPK.

"Satu kali," jawab Arief.

Jaksa lalu mempertanyakan bagaimana Arief mendapatkan nomor rekening Nayunda. Arief menjawab nomor rekening diperolehnya dari seorang bernama Rezky.

"Tapi yang perintah pak, ini katanya Pak Kasdi?" ungkap Arief.

Meski berstatus sebagai seorang biduan, Nayunda termasuk penyanyi yang sangat memperhatikan pendidikan, hal ini terlihat dari riwayat pendidikan yang ditempuhnya. Dirinya bahkan memiliki gelar sebagai pengacara.

Pada Oktober 2023, Nayunda mengunggah video saat ia diwisuda di salah satu kampus swasta terkenal. Ia mengambil jurusan hukum di kampus tersebut.

Menurut Nayunda, pendidikan menjadi hal sangat penting meski dirinya berprofesi sebagai penyanyi dangdut. 

"Biduan jadi pengacara ? Kenapa engga.." tulis Nayunda di postingan tersebut.

"Aku memulai karier nyanyiku dibarengi dengan sekolah hukum yang aku tempuh di Universitas Trisaksi," sambungnya.

Nayunda ternyata juga jebolan ajang pencarian bakat yang cukup terkenal. Biduan kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 8 Juni 1991 ini tercatat pernah ikut di ajang Indonesia Idol musim ketujuh pada 2012.

Gagal di Indonesia Idol, Nayunda kemudian sempat merilis single pertama berjudul Lelah Mengalah pada 2017. Single itu cukup laris manis di pasaran dan juga menimbulkan polemik.

Lagu yang dinyanyikan oleh Nayunda diklaim milik duo penyanyi asal Malaysia bernama The Mirza. Terlepas dari polemik di lagu itu, nama Nayunda makin dikenal publik.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kasus korupsi Kementerian Pertanian SYL Biduan Nayunda Nabila Tipikor KPK