Jaga Ekosistem Pesisir Selatan, Bupati Malang Tanam Mangrove dan Lepas Tukik

Jurnalis: Gumilang
Editor: Naufal Ardiansyah

15 November 2023 22:45 15 Nov 2023 22:45

Thumbnail Jaga Ekosistem Pesisir Selatan, Bupati Malang Tanam Mangrove dan Lepas Tukik Watermark Ketik
Bupati Malang Sanusi dan Dandim 0818 Kabupaten Malang-Batu Letkol Inf Arief Nurbianto ketika melakukan penanaman mangrove. (Foto: Gumilang/ketik.co.id).

KETIK, MALANG – Bupati Malang Sanusi dan Dandim 0818 Kabupaten Malang-Batu Letkol Inf Arief Nurbianto menggelar aksi peduli lingkungan pesisir selatan, Rabu, (15/11/2023) sore.

Yakni dengan menanam pohon mangrove dan sekaligus pelepasan tukik di Pantai Bajulmati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Kegiatan ini berkolaborasi antara Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang, Dinas Perikanan Kabupaten Malang dan Bajulmati Sea Turtle Conservation atau BTSC.

Selain itu, juga dilakukan bersih-bersih pantai. Bupati Malang Sanusi menyatakan, bahwa menjaga ekosistem pesisir selatan menjadi tanggung jawab bersama.

Bupati Malang Sanusi dan Dandim 0818 Kabupaten Malang-Batu Letkol Inf Arief Nurbianto ketika melakukan pelepasan tukik. (Foto: Gumilang/ketik.co.id).

Bupati Malang Sanusi mengatakan, kegiatan ini dikemas melalui Bajulmati Festival Beach sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke 1263 Kabupaten Malang. Salah satunya melalui pelestarian lingkungan di pesisir selatan.

"Hari ini dilakukan penanaman mangrove dan sekaligus pelepasan tukik. Tujuannya agar menjaga ekosistem dan mencegah terjadinya abrasi," ujar Bupati Malang Sanusi.

Ia mengatakan, bahwa salah satu titik pesisir selatan yang dilakukan penanaman mangrove adalah di Pantai Bajulmati. Disamping itu, masih banyak pantai yang menjadi perhatian.

Mengingat Kabupaten Malang memiliki garis pantai yang panjang. "Disamping itu, di tempat ini juga ada tempat konservasi tukik. Yang secara rutin juga dilakukan pelepasan tukik (ke laut lepas)," kata Politisi PDIP tersebut.

Bupati Malang Sanusi berharap melalui kegiatan peduli lingkungan ini, keberlangsungan ekosistem di pesisir selatan khususnya di Pantai Bajulmati dapat terjaga dengan baik.

Pada kesempatan itu, Bupati Malang Sanusi juga memberikan bantuan kepada Pokmaswas, masyarakat pesisir selatan dan pemberian bantuan berupa makanan gizi dan ikan bagi ibu hamil maupun menyusui untuk mencegah Stunting. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bupati Malang Tanam Mangrove Pelepasan tukik pesisir Selatan Sanusi Bupati Sanusi