Jangan Sampai Mobil Kangen Bengkel, Perhatikan Waktu Ganti Oli Mesin

Jurnalis: Arief
Editor: M. Rifat

22 Juni 2023 22:30 22 Jun 2023 22:30

Thumbnail Jangan Sampai Mobil Kangen Bengkel, Perhatikan Waktu Ganti Oli Mesin Watermark Ketik
Ada beberapa tanda yang mewajibkan Anda harus ganti oli mesin mobil. (Foto: carkeys)

KETIK, JAKARTA – Pertanyaan itu kerap muncul disampaikan pada saat membeli kendaraan anyar. Sebetulnya main dealer telah memberi tahu kepada customer waktu yang tepat untuk ganti oli.

Di mana tiap-tiap kendaraan memiliki jangka waktu yang berbeda untuk mengganti oli mesin. Begitu juga dengan batas pengunaan, juga tidak bisa dijadikan acuan. Ada baiknya mendengarkan saran dari mekanik atau dealer resmi saat membeli mobil.

Secara umum, mengganti oli mesin bisa dilakukan setiap menempuh kilometer 5.000 hingga 10.000 dan kelipatannya. Jarak tempuh itu setara dengan penggunaan selama enam bulan pemakaian normal.

Mengutip Auto2000, ada beberapa metode yang bisa dilakukan:

Tiga Bulan Sekali

Opsi pertama ini apabila usia mobil sudah di atas 10 tahun. Kemudian intensitas penggunaan cukup sering dan kerap dilakukan di medan ekstrim. Biasanya menembus hujan, medan berlumpur atau melintasi kondisi cuaca yang tidak biasa.

Penggantian oli pada bulan ketiga bisa dilakukan apabila sudah menempuh jrak maksimal 10 ribu km atau kelipatannya.

Enam Bulan Sekali

Ingat, intensitas penggunaan menjadi penting dalam setiap penggantian oli. Misalnya mobil masih baru, tetapi penggunaannya cukup tinggi. Biasanya intensitas tinggi ini disebabkan sebagai sarana transportasi utama ke tempat kerja.

Akan menjadi berbahaya apabila dalam tempo enam bulan mobil tidak ganti oli. Meskipun mobil jarang dipakai dan kilometer belum menyentuh 10.000. Mobil yang tidak mengganti oli memiliki risiko pada komponen mesin lainnya.

Kualitas Oli Turun

Mengutip Daihatsu Indonesia, cara lain yang bisa dijadikan acuan adalah berdasarkan kualitas atau kondisi oli. Umumnya mobil baru memiliki oli yang licin, lengket, dan warnanya bening.

Mobil yang sudah lama dipakai umunya, oli berubah coklat hitam keruh. Perubahan ini disebabkan fungsi oli untuk membersihkan permukaan dinding silinder.  Oli yang berubah warna penanda bahwa sudah saatnya diganti. Tapi, bila oli baru digunakan sudah berubah warna, hal tersebut tidak bisa dijadikan acuan.

Akselerasi Mesin Berat

Tanda-tanda lain waktunya mengganti oli ketika mesin terasa berat. Pada saat kualitas oli turun, akan terjadi gesekan mesin semakin tinggi. Inilah pemicu kinerja mesin menjadi berat, karena dipaksa bekerja dalam kondisi tidak baik.

Bagaimana cara mengetahuinya? Anda bisa merasakan saat menginjak pedal gas. Pada saat itu biasanya mobil enggan berakselerasi. Kondisi ini memaksa oli mesin harus diganti.

Suara Mesin Lebih Kasar

Cara lain mengetahui waktunya mengganti oli pada saat menyalakan mesin mobil. Apabila suara mesin lebih kasar, itu tandanya mobil sudah kangen dengan bengkel.

Biasanya oli yang sudah cukup lama akan berpengaruh pada kondisi mesin. Tidak jarang suara mesin mobil lebih kasar dan cenderung berisik. (*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif ganti oli oli mobil pemeriksaan kendaraan perawatan mobil