Jelang Ramadan, Khofifah Pastikan Harga Sembako di Jatim Stabil

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

6 Maret 2023 05:17 6 Mar 2023 05:17

Thumbnail Jelang Ramadan, Khofifah Pastikan Harga Sembako di Jatim Stabil Watermark Ketik
Gubernur Jatim Khofifah saat ditemui awak media usai peresmian Pasar Perak, Jombang. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, JOMBANG – Ditemui di saat meresmikan Pasar Perak di Kabupaten Jombang pada Minggu (5/3/2023), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan bahwa menjelang Ramadan, harga bahan pokok di pasaran terbilang masih stabil.

Ia menyebutkan, berdasarkan data dari BPS pada 3 Maret 2023, stok beras Jawa Timur surplus sebesar 1,13 juta ton dari Maret hingga April.

Selain itu, harga minyak dari pasar-pasar yang ditinjau oleh Khofifah menunjukkan sebagian besar pada angka yang stabil, yakni Rp 14.000 per liter.

"Sektor yang lain juga insya Allah dalam kondisi baik. Oleh karena itu, mari kita jaga distribusinya agar masyarakat juga bisa tersupport sehingga kenaikan-kenaikan yang mengganggu keseimbangan harga dapat dihindari," ucapnya.

Khofifah juga menyinggung terkait harga bahan pokok lainnya seperti gula, telur, dan daging ayam, yang terkonfirmasi haganya di bawah harga eceran tertinggi (HET).

"Jadi yang kita memang harus perhatian adalah khusus untuk harga beras, karena masih harus dikawal operasi pasarnya harus lebih intensif lagi, supaya masyarakat bisa mendapatkan harga beras sesuai dengan HET dan keterjangkauan daya beli masyarakat," katanya.

Mengenai harga beras pada Maret ini, Jatim akan panen raya dengan hasil 1 juta ton beras. Khofifah tidak khawatir mengingat Jatim selama ini menjadi lumbung pangan nasional. Namun tetap harus diperhatikan distribusinya agar bisa disebar secara merata ke berbagai daerah agar tidak terjadi kelangkaan.

"Tinggal sekarang sinergi untuk melakukan percepatan mendistribusikan dari beras yang ada di berbagai titik. Apakah di penggilingan ataukah yang ada di Bulog supaya bisa segera sampai ke konsumen," ujarnya.

Di akhir, Khofifah berpesan untuk bersama membangun kolaborasi dan strong partnership. Agar harga-harga di pasar dapat terus terkontrol dan tidak mengalami gejolak berarti.

"Mohon dibangun sinergitas dan kerjasamanya agar distribusi ke masyarakat stabil. Pokoknya tetap jaga semangat, ekonomi kita tumbuh, dan tentu seduluran kita jaga terus guyub rukun," tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ramadan sembako harga Pasar Perak Jombang Bulog Pasokan pangan Khofifah Gubernur Jatim Gubernur Khofifah