Jokowi Perintahkan Seluruh Pemda-BUMN Rutinkan Pasar Rakyat

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

24 Juli 2023 11:30 24 Jul 2023 11:30

Thumbnail Jokowi Perintahkan Seluruh Pemda-BUMN Rutinkan Pasar Rakyat Watermark Ketik
Kunjungan Jokowi di Pasar Rakyat Kota Malang

KETIK, MALANG – Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Pasar Rakyat yang digelar di Lapangan Rampal, Kota Malang pada Senin (24/7/2023). Besarnya manfaat yang diterima masyarakat, Jokowi menginstruksikan daerah lain untuk merutinkan kegiatan Pasar Rakyat.

"Saya telah memerintakan kepada BUMN, seluruh gubernur, bupati dan wali kota untuk memperbanyak pasar-pasar murah di daerah. Sebanyak-banyaknya," ucap Jokowi.

Ia meminta pemerintah daerah untuk menganggarkan bantuan sembako kepada masyarakat. Terlebih untuk menghadapi dampak dari El Nino. 

"Kalau bisa punya anggaran, bantuan sembako di masyarakat di perkuat. Diperbanyak (Pasar Rakyat) sebab kita menghadapi El Nino yang tidak bisa kita hitung, karena itu menyangkut iklim," lanjutnya.

Penguatan bantuan sembako ini didasarkan pada data daerah yang memerlukan bantuan. Harapannya masyarakat dapat menghadapi tanpa kebingungan saat El Nino datang.

"Kita ada data-data daerah mana yang memerlukan, dan daerah mana yang tidak. Kita berharap bisa mendahului agar apabila nanti El Nino datang, masyarakat tidak kaget. Memang panasnya bisa mengganggu kesehatan, serta pangan juga bisa terganggu. Kalau betul terjadi diperkirakan Agustus dimulai," ungkap mantan walikota Solo ini.

Jokowi menyoroti situasi negara lain yang mempengaruhi stok pangan. Beberapa negara, seperti India dan Vietnam, telah menghentikan ekspor beras mereka. Untuk mencegah kejadian serupa terjadi di Indonesia, persiapan matang perlu dilakukan.

Ia mengimbau masyarakat tak perlu khawatir sebab stok pangan di Indonesia hingga saat ini masih aman. 

"Informasi dari Bulog dan Kementerian Pertanian, tidak ada masalah untuk stok pangan saat ini. Kita kan berbicara saat ini," sambungnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji turut menyambut kedatangan Jokowi dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Eric Tohir dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

Kata Sutiaji, Pasar Rakyat akan terus dijadikan perhatian Pemkot Malang. Terlebih diharapkan pelaksanaan Pasar Rakyat secara rutin dapat mempengaruhi tingkat inflasi di Kota Malang.

"Tadi perintah dari Presiden Joko Widodo untuk dilakukan pergerakan pasar murah, terkait inflasi. Apalagi dikhawatirkan ada El Nino yang puncaknya di bulan Agustus," ujar Sutiaji. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jokowi Joko Widodo Presiden RI Kota Malang Pasar Rakyat