Kadivpas Kemenkumham Jatim Minta Warga Binaan Lapor Bila Dipungli

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

21 Mei 2023 12:34 21 Mei 2023 12:34

Thumbnail Kadivpas Kemenkumham Jatim Minta Warga Binaan Lapor Bila Dipungli Watermark Ketik
Kadivpas Kemenkumham Jatim Teguh Wibowo melihat langsung kondisi kamar di Lapas Sidoarjo, Minggu (21/5/2023). (Foto : Humas Kemenkumham Jatim)

KETIK, SURABAYA – Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Jatim melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Lapas Sidoarjo. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak adanya pungutan liar di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) maupun Rumah Tahanan (Rutan). 

"Tujuannya untuk memastikan jajaran pengamanan lapas tetap aman dan kondusif di akhir pekan ini," ujar Kadivpas Kanwil Kemenkumham Jatim Teguh Wibowo, Minggu (21/5/2023).

Didampingi Kalapas Faozul Ansori dan jajarannya, Kadivpas mengelilingi blok lapas dari kamar hunian warga binaan, dapur, hingga tempat budidaya lele yang dimiliki oleh Lapas Sidoarjo. Selain itu, Teguh ingin mendengarkan keluh kesah warga binaan Lapas. 

"Ini kami lakukan agar warga binaan merasa diperhatikan dan didengarkan aspirasinya. Dengan turun langsung mendengarkan keluh kesah mereka membuat saya tahu bagaimana kondisi didalam Lapas," urai Teguh.

Bahkan Teguh secara tegas akan menindak jika ada pungutan liar yang terjadi di dalam Lapas. "Kami tegaskan proses pengajuan hak bersyarat seperti asimilasi maupun integrasi tanpa dipungut biaya sepeser pun.  Jika ada pegawai yang masih melakukan pungutan liar, segera laporkan kepada kami dan akan segera kami tindaklanjuti," tegasnya.

Kadivpas juga berharap seluruh warga binaan Lapas Sidoarjo bisa membantu para petugas untuk menciptakan kondisi lapas yang aman dan kondusif. 

Selain itu, sipir lapas tak lepas dari perhatian kadivpas. Dia berpesan agar hal-hal yang berpengaruh terhadap kondisi kesehatan warga binaan dan kelayakan makanan harus selalu mendapatkan perhatian petugas. "Kami tidak ingin sedikit pun jajaran terutama dalam hal pengamanan lapas di Jawa Timur ini lengah. Dalam kondisi apapun harus selalu waspada," tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kemenkumham Jatim Lapas Sidoarjo sidak Pungutan Liar sidoarjo