Habiskan Dana Rp363 Miliar, Flyover Juanda Diresmikan Presiden Jokowi

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

6 September 2024 05:48 6 Sep 2024 05:48

Thumbnail Habiskan Dana Rp363 Miliar, Flyover Juanda Diresmikan Presiden Jokowi Watermark Ketik
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Flyover Djuanda Sidoarjo, Jumat, 6 September 2024. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Presiden Joko Widodo meresmikan Flyover Djuanda yang terletak di Sidoarjo. Pembangunan flyover ini untuk meningkatkan konektivitas dan mobilitas masyarakat.

"Alhamdulillah pada pagi hari ini yang pertama akan kita resmikan Flyover Juanda yang dibangun sejak tahun 2022 menelan anggaran biaya Rp363 miliar," jelasnya di Sidoarjo Jumat 6 September 2024.

Jokowi menambahkan pemerintah akan terus membangun dan memperbaiki infrastruktur di berbagai daerah agar konektivitas semakin baik, aktivitas dan mobilitas masyarakat juga semakin lancar.

"Sehingga biaya logistik semakin murah dan efisien, dan akhirnya perekonomian di daerah semakin berkembang dan maju," jelasnya.

Selain meresmikan flyover, ada sembilan jembatan Callender Hamilton (CH) di Provinsi Jawa Timur hingga menelan biaya Rp1,4 triliun yang tersebar di 8 kabupaten/kota di Jatim.

Wilayah yang dimaksud antara lain Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Bojonegoro, Kota Jember, dan Kabupaten Banyuwangi.

Selain itu, Jokowi akan meresmikan 11 ruas jalan sepanjang 66 kilometer dengan anggaran biaya Rp379 miliar yang ditangani dengan Inpres jalan daerah.

"Ini tersebar di delapan kabupaten/kota di Jawa timur, Kabupaten Pamekasan, Sampang, Sumenep, Pasuruan, Jombang, Gresik, Lamongan, Sidoarjo," ucapnya.

Adanya pembangunan sembilan jembatan Callender Hamilton (CH) di Provinsi Jawa Timur, Jokowi berharap dengan infrastruktur semakin baik, pergerakan masyarakat semakin lancar.

"Pergerakan orang dan barang di provinsi Jawa timur akan semakin lancar, daya saing dan pertumbuhan ekonomi juga akan mengalami peningkatan," jelas presiden ketujuh ini.

Sebagai informasi, Flyover Djuanda mengurai simpul kemacetan akibat pertemuan lalu lintas di simpang tiga Bangah-Aloha, sekaligus memperlancar arus lalu lintas di pelintasan sebidang rel kereta api di Jalan Akses Bandara Juanda.

Flyover Djuanda mulai dibangun sejak tanggal kontrak 1 November 2022 dengan masa pelaksanaan 540 hari kalender hingga 23 April 2024. 

Flyover Djuanda memiliki dua struktur dari jalan akses Bandara Juanda menuju Sidoarjo sepanjang 435 meter dan menuju Surabaya sepanjang 423 meter, masing-masing flyover dilengkapi ramp baik menuju Sidoarjo maupun Surabaya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jokowi Presiden RI Joko Widodo Flyover Djuanda 363 miliar Callender Hamilton Flyover Djuanda diresmikan Jokowi sidoarjo