KAI Daop 9 Tambah Kereta Api Relasi Ketapang-Jember pada Akhir Pekan

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

12 Januari 2024 11:00 12 Jan 2024 11:00

Thumbnail KAI Daop 9 Tambah Kereta Api Relasi Ketapang-Jember pada Akhir Pekan Watermark Ketik
Kereta Api tambahan relasi Ketapang- Jember pada akhir pekan (Foto: Humas KAI Daop 9)

KETIK, JEMBER – Kereta tambahan KAI Daop 9 yang dijalankan untuk menyambut Libur Nataru 2023/2024 telah mengangkut total 1.184 penumpang. Ternyata kebanyakan penumpang adalah pelanggan dari relasi KA Pandalungan yang ingin meneruskan perjalanan ke Banyuwangi.

Melihat itu, Daop 9 Jember menjalankan kereta api tambahan relasi Ketapang-Jember (PP) pada akhir pekan untuk mengakomodasi pelanggan dari Banyuwangi menuju Jember ataupun sebaliknya.

Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro mengatakan dioperasikannya kereta api tambahan ini diharapkan bisa menjadi alternatif pilihan bagi penumpang yang bepergian ke Jember-Banyuwangi.

“Kereta Api Tambahan tidak beroperasi setiap hari, tetapi akan dioperasionalkan setiap akhir pekan pada hari Jumat sampai Minggu di Bulan Januari 2024, yaitu pada tanggal 12-14,19-21 dan 26-28 Januari,” kata Cahyo.

Kereta tambahan tersebut akan diberangkatkan dari Stasiun Ketapang pukul 07.30 WIB dan tiba di Stasiun Jember pukul 09.55 WIB. Sedangkan berangkat dari Stasiun Jember pukul 12.35 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 15.00 WIB. 

KA ini akan berhenti di beberapa stasiun, diantaranya Stasiun Kalisat, Kalibaru, Kalisetail, Temuguruh, Rogojampi dan Banyuwangi Kota.

Sepanjang tahun 2023, Penumpang KA Pandanwangi relasi Jember-Banyuwangi tercatat sebanyak 1.104.711 pelanggan. 

"Dimana pada akhir pekan banyak pelanggan tidak kebagian tiket karena kehabisan. Jumlah itu belum termasuk pelanggan pada relasi tersebut yang menggunakan KA jarak jauh, artinya bahwa mobilisasi masyarakat dari Jember menuju Banyuwangi atau sebaliknya cukup tinggi,” ujarnya.

Cahyo menambahkan, KA Tambahan beroperasi dengan dua kelas pelayanan yaitu Eksekutif dan Ekonomi dengan total kapasitas 432 tempat duduk. Tarif tiket untuk kelas Eksekutif sebesar 130 ribu rupiah, sedangkan kelas Ekonomi sebesar 100 ribu rupiah.

“Pemesanan tiket KA Tambahan Jember – Ketapang sudah bisa dilakukan mulai sekarang, bagi masyarakat yang akan bepergian pada tanggal-tanggal tersebut bisa memanfaatkan KA Tambahan ini selagi tiket masih tersedia,” pungkas Cahyo.(*)

Tombol Google News

Tags:

KAI Daop 9 Jember kereta tambahan Jember Banyuwangi relasi Ketapang-Jember