Kenali Anemia Aplastik, Penyakit Langka yang Diidap Babe Cabita

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Muhammad Faizin

9 April 2024 07:30 9 Apr 2024 07:30

Thumbnail Kenali Anemia Aplastik, Penyakit Langka yang Diidap Babe Cabita Watermark Ketik
Potret Babe Cabita bersama istri dan kedua anaknya (Foto: @babecabiita)

KETIK, SURABAYA – Komedian Babe Cabita dikabarkan meninggal dunia, Selasa (9/4/2024) usai mengidap penyakit langka anemia aplastik.

Apa itu anemia aplastik?

Mengutip halodoc, penyakit yang diderita Babe Cabita ini termasuk kelainan darah karena adanya kegagalan sumsum tulang belakang untuk memproduksi sel darah.

Dengan kata lain, penyakit ini bukanlah anemia biasa yang disebabkan kurangnya zat besi. Tapi karena ada kelainan yang membuat sumsum tulang belakang tidak bisa memproduksi sel darah, baik trombosit, leukosit, maupun eritrosit yang cukup.

Seperti yang pernah disampaikan Babe Cabita, Kamis (7/9/2023) di Gedung Trans TV lalu, mengutip detikHot ia pernah menyampaikan dirinya bukan hanya kekurangan darah merah namun juga darah putih.

“Kalau anemia biasa kan kekurangan darah merah, bukan darah putih. Nah kalau aku ini semua,” ujar komedian asal Medan itu.

Lalu apa penyebabnya?

Melansir Centre for Clinical Haematology, penyebab paling umum penyakit ini karena sistem kekebalan tubuh menyerang dan merusak sel induk di sumsum tulang belakang.

Sel yang rusak ini tidak mampu lagi memproduksi sel darah dengan baik, sehingga sumsum tulang jadi kosong (aplastik) atau sel darahnya tidak tercukupi dengan baik.

Gejalanya penderita  merasakan kelelahan, sesak napas, sakit kepala, pusing, detak jantung cepat tidak teratur, kulit pucat atau ruam pada kulit, demam, memar atau pendarahan berlebihan dari luka kecil, dan mudah terkena infeksi penyakit.

Meski begitu, ada juga penderita yang tidak menunjukkan gejala apapun.

Tombol Google News

Tags:

Anemia aplastik Babe Cabita Meninggal Dunia Penyakit Autoimun Komedian babe cabita