Ketua KPU Lumajang Minta Anggota PPS Cermati UU dan PKPU

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Mustopa

26 Mei 2024 10:56 26 Mei 2024 10:56

Thumbnail Ketua KPU Lumajang Minta Anggota PPS Cermati UU dan PKPU Watermark Ketik
Pelantikan PPS oleh Ketua KPU Lumajang (Foto : Kominfo)

KETIK, LUMAJANG – Sebanyak 615 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Lumajang mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah janji di gedung Rock Convention Center (RCC) Jalan Lintas Timur (JLT), Minggu (26/5/2024).

Ratusan calon anggota PPS itu dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang, Yuyun Baharita.

Yuyun mengatakan bahwa ratusan anggota PPS tersebut akan bertugas mengawal kegiatan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di 205 desa/kelurahan di Wilayah Kabupaten Lumajang.

"Secara yuridis rohani dan lain sebagainya, kawan-kawan semuanya sudah sah menjadi bagian dari institusi penyelenggaraan Pemilu, tepatnya mengawal kegiatan pemilihan di 205 desa/kelurahan di masing-masing wilayah," ujarnya.

Menurutnya, 615 anggota PPS tersebut juga telah melintasi berbagai proses tahapan seleksi, seperti seleksi administrasi, wawancara, dan lain-lain.

"Proses ini bukan serta merta sesuatu yang tiba-tiba, tapi kawan-kawan yang bisa duduk di sini dan dilantik di sini melalui proses yang panjang," jelasnya.

Ia meminta kepada seluruh anggota PPS, khususnya bagi yang baru atau pertama kali menjadi anggota PPS, agar segera beradaptasi sekaligus mencermati dan memahami tugas-tugas yang telah diatur Undang-undang maupun PKPU .

"Jadi pas kegiatan Pilkada tahun 2024 tepatnya di bulan November, jangan sampai masih bertanya. Nah ketika sudah dilantik tentunya adaptasi dan segera menyesuaikan," terang Yuyun.

"Maka kalau kita mempunyai kegiatan penyelenggaraan Pemilu dan pemilahan itu sebenarnya sudah enak, karena kita sudah mempunyai kitab yang namanya Undang-undang dan Peraturan KPU, sudah perlekapannya itu," tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

KPU Lumajang pilkada serentak Pilkada Lumajang Yuyun baharita berita lumajang hari ini