DKPP Lumajang Serahkan Bantuan Bibit Bawang Merah Biru Lancor kepada Petani

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Mustopa

12 September 2024 15:14 12 Sep 2024 15:14

Thumbnail DKPP Lumajang Serahkan Bantuan Bibit Bawang Merah Biru Lancor kepada Petani Watermark Ketik
DKPP Lumajang serahkan bantuan bibit bawang merah (Foto : Dokumen DKPP Lumajang)

KETIK, LUMAJANG – Untuk meningkatkan produksi barang merah dari petani, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menyalurkan bantuan 2,8 ton bibit bawang merah varietas biru lancor kepada Kelompok Tani (Poktan) Karya Tani di Desa Yosowilangun Kidul.

Bantuan bibit tersebut berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) 2024.

Kepala DKPP Lumajang, Retno Wulan Andari mengatakan, bantuan itu merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mengendalikan inflasi dan menstabilkan harga bahan pangan di Lumajang, khususnya bawang merah. 

“Bantuan bibit bawang merah ini sebagai upaya pengendalian inflasi dan meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya bagi petani,” ujarnya saat dikonfirmasi di kantornya, Kamis, 13 September 2024.

Retno Wuldan Andari juga mengungkapkan, bantuan 2,8 ton bibit bawang merah ini akan ditanam di lahan seluas 2,8 hektare di Desa Yosowilangun Kidul, Kecamatan Yosowilangun.

"Penanaman akan dilakukan pada minggu ketiga di bulan September nanti," ujarnya. 

Retno berharap, bantuan ini dapat meningkatkan produksi bawang merah di Lumajang serta memenuhi kebutuhan pasar. Mengingat tingginya permintaan bawang merah terutama menjelang akhir tahun.

“Dengan meningkatkan produksi bawang merah lokal, kami berharap dapat menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan di pasaran,” ujarnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

DKPP Lumajang Serahkan bantuan bibit bawang Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) 2024 berita lumajang hari ini