Konferensi Internasional Ke-2 Pemkab Bandung: Membangun SDM Menuju Indonesia Emas 2045

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

24 September 2023 10:13 24 Sep 2023 10:13

Thumbnail Konferensi Internasional Ke-2 Pemkab Bandung: Membangun SDM Menuju Indonesia Emas 2045 Watermark Ketik
Konferensi Internasional Ke-2 Pemkab Bandung: Membangun SDM Menuju Indonesia Emas 2045.(Foto: Diskominfo)

KETIK, BANDUNG – Setelah sukses menggelar Konferensi Internasional pertama tentang Kebijakan Pembangunan Berbasis Ilmiah Melalui Riset dan Inovasi pada November 2022,  Pemkab Bandung melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbangda), kembali akan Konferensi Internasional kedua.

Konferensi internasional kedua yang berkolaborasi lagi dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemeritntahan Universitas Padjajaran (Unpad) kali ini bertema “Daya Saing Sumber Daya Manusia untuk Indonesia Emas 2045” yang akan digelar di Soreang pada 7-8 November 2023.

Memperingati 100 tahun kemerdekaannya, pemerintah Indonesia menetapkan visi tujuan pembangunannya, “Menuju Indonesia Emas 2045”. 

Sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa yang tertulis dalam pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD 1945), dicanangkan visi untuk mewujudkan negara yang berdaulat, maju, adil dan makmur. 

Untuk mencapai visi tersebut, pemerintah menetapkan empat pilar, yaitu: 1) Pembangunan Manusia dan Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 2) Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan, 3) Pemerataan Pembangunan, dan 4) Penguatan Ketahanan Nasional dan Good Governance.

Untuk itu, penguatan riset dan inovasi dalam negeri sebagai landasan pembangunan perlu ditingkatkan. 

"Berdasarkan latar belakang tersebut dan menyusul kesuksesan konferensi sebelumnya pada tahun 2022, ICBR kedua, akan mengundang beberapa pembicara dan peneliti bereputasi lokal dan internasional. Kami mengusulkan tema konferensi “Daya Saing Sumber Daya Manusia untuk Indonesia Emas 2045”," kata Kepala Bappelitbangda Kabupaten Bandung, Erwin Rinaldi di Soreang, Sabtu (23/9/2023).

Erwin, konferensi internasional ini menjadi wadah ide-ide dari akademisi dari penggiat kebijakan pembangunan serta para praktisi pembangunan SDM khususnya. Ide-ide tersebut nantinya bisa dijadikan dasar untuk pengambilan kebijakan pembangunan oleh kepala daerah, agar bisa lebih dipertanggungjawabkan dalam memutuskan kebijakan.

Direncanakan tampil sebagai keynote speakers antara lain Bupati Bandung Dr. H. M. Dadang Supriatna, S.I.P., M.Si, Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE, Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan RI Prof. Drs. Anwar Sanusi, MPA, PhD.

Sementara untuk pembicara pleno antara lain Assoc.Prof. Abdul Rauf Bin Ridzuan, Guru Besar MARA Technology University Malaysia, Edy Giri Rachman, PhD selaku Deputy of Human Resources Development National Research & Innovation Agency (BRIN), dan Sekda Jawa Barat Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dpl, SE, M.Eng, Deputy Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan  Drs. Amich Alhumami, MA, M.ED, PhD, dan Dr. Jawed Akhtar Mohammed selaku International Bussiness Visits Panel.(*)

Tombol Google News

Tags:

konferensi internasional PEMKAB BANDUNG SDM Indonesia emas Indonesia Emas 2045