Menyongsong Indonesia Emas 2045, UC Surabaya Gandeng Monash University

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

17 September 2024 17:57 17 Sep 2024 17:57

Thumbnail Menyongsong Indonesia Emas 2045, UC Surabaya Gandeng Monash University Watermark Ketik
MoU UC Surabaya dengan Monash University. (Foto: Humas UC)

KETIK, SURABAYA – Menyonsong Indonesia Emas 2045, Universitas Ciputra (UC) Surabaya menggandeng Monash University dengan melakukan MoU pada Selasa, 17 September 2024.

Kerja sama ini bertujuan membentuk sumber daya manusia dengan program Fast Track. UC terpilih sebagai salah satu dari sembilan mitra universitas swasta yang bekerja sama dengan Monash University.

Program Fast Track ini dirancang khusus untuk mahasiswa School of Information Technology (SIFT) yang mencakup Program Studi Informatika dan Program Studi Information Systems for Business.

Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan Jenjang Strata 1 di UC dan Jenjang Strata 2 di Monash University hanya dalam waktu 5 tahun.

Dekan SIFT UC Dr. Trianggoro Wiradinata, M.Eng.Sc., optimistis mahasiswanya tidak akan mengalami kesulitan. Sebab, mahasiswa SIFT UC tidak hanya kuat secara teknis, tetapi juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

"Jika biasanya mahasiswa teknik kesulitan dalam menyampaikan ide, mahasiswa SIFT UC justru mampu berkomunikasi dengan baik,” jelas Trianggoro melalui keterangan tertulis pada Selasa 17 September 2024.

“Selain itu, pola pikir entrepreneurship yang telah ditanamkan di UC akan mendukung kesuksesan mahasiswa dalam mengikuti Program Fast Track ini,” imbuhnya.

Wakil Kepala Hubungan Internasional UC
Gelar Nanggala Wahyu Sagara Putra menambahkan, Monash University menawarkan kerja sama untuk berbagai program studi di UC.

Namun, setelah melalui proses review dan diskusi, diputuskan bahwa sebagai proyek percontohan, Program Fast Track ini akan diterapkan terlebih dahulu di SIFT.

“Tidak menutup kemungkinan program ini akan dibuka untuk program studi lain di UC di masa mendatang,” jelas Gelar.

Gelar menjelaskan secara detail, durasi studi akan dibagi menjadi 3,5 tahun di UC, 1 tahun di Monash University Indonesia, dan 1 semester di Monash University  Australia.

"Dalam total waktu 5 tahun, mahasiswa akan meraih dua gelar, yaitu S1 dari UC dan S2 dari Monash University,” jelasnya.

Sebagai informasi, MoU ditandatangani oleh Ir. Yohannes Somawiharja, M.Sc., Rektor Universitas Ciputra dengan Tantia Dian Permata Indah, selaku Chief Operation Officer (COO) dan Vice President, Monash University, Indonesia. (*) 

Tombol Google News

Tags:

UC Universitas Ciputra Monash University Indonesia Emas 2045 UC Surabaya program Fast Track