KORMI Sidoarjo Gemilang, Raih 49 Medali di Fornas VII

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: Marno

13 Juli 2023 02:40 13 Jul 2023 02:40

Thumbnail KORMI Sidoarjo Gemilang, Raih 49 Medali di Fornas VII Watermark Ketik
Raihan prestasi pegiat olahraga dari KORMI Kabupaten Sidoarjo dalam Fornas VII di Jawa Barat. Foto Ketua Umum KORMI Sidoarjo M.G. Hadi Sutjipto. (Foto: KORMI Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Sidoarjo mencatatkan prestasi gemilang di Fornas VII. Dalam event yang digelar pada 2—9 Juli 2023 itu, KORMI Sidoarjo sukses membawa pulang 24 medali emas, 12 perak, dan 13 perunggu. Harumkan nama Kota Delta dan Jawa Timur.

Fornas (Festival Olahraga Rekreasi Nasional) VII berlangsung di Bandung dan sekitarnya, Jawa Barat. Kontingen dari seluruh daerah di Indonesia ikut berlomba. Bersaing meraih prestasi terbaik sekaligus medali terbanyak.  

Analis Kebijakan Olahraga di Disporapar (Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata) Sidoarjo Umi Salmami mengatakan, Kabupaten Sidoarjo tergabung dalam kontingen Jawa Timur yang berjumlah 1.592 peserta dan ofisial.

Mereka berpartisipasi dalam berbagai cabang organisasi olahraga masyarakat (COOM). Baik olahraga petualangan dan tantangan (OTT), olahraga kesehatan dan kebugaran (OKK), serta olahraga tradisional dan kreasi budaya (OTKB).

Hasilnya luar biasa. Jawa Timur menempati posisi kedua juara umum. Membawa pulang 71 medali emas, 69 perak, dan 64 perunggu. Total 204 medali. Urutan pertama diduduki tuan rumah Jawa Barat dengan total 464 medali.

”Jatim menjadi runner up juara umum,” kata Umi Salmami.

Yang hebat, 24 emas di antara 71 medali emas Jatim itu merupakan persembahan para pegiat olahraga asal Sidoarjo. Secara keseluruhan, Sidoarjo menyumbangkan 24 medali emas, 12 perak, dan 13 perunggu. Hasil dari 17 induk olahraga (inorga). Di antaranya, senam jantung, senam asma, BMX, senam kreasi, serta berbagai olahragar tradisional.

”Selama ini, Sidoarjo memang selalu menyumbangkan medali terbanyak untuk Jawa Timur,” tambah Umi

Foto Umi Salmami (tengah) berfoto dengan para juara lomba senam kebugaran lansia pralansia Indonesia (KLPI), Dewi Afiatul dan Anis, dalam Fornas VII di Jawa Barat. (Foto: KORMI Sidoarjo)Umi Salmami (tengah) berfoto dengan para juara lomba senam kebugaran lansia pralansia Indonesia (KLPI), Dewi Afiatul dan Anis, dalam Fornas VII di Jawa Barat. (Foto: KORMI Sidoarjo)

Prestasi membanggakan tersebut merupakan buah semangat dan kerja keras pegiat olahraga dan dukungan pengurus KORMI Kabupaten Sidoarjo. Mereka mempersiapkan diri secara mandiri. Namun, hasilnya mampu membanggakan Kota Delta sekaligus Provinsi Jawa Timur di tingkat nasional.

Pada Minggu (9/7/2023), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada pegiat olahraga dan ofisial yang telah meraih prestasi membanggakan dalam Fornas VII di Bandung.

Sebelum kontingen Jatim berangkat, Khofifah memang memberikan motivasi agar mereka mampu meraih medali sebanyak-banyaknya. Hasilnya adalah prestasi gemilang. Cabang olahraga rekreasi masyarakat, lanjut dia, akan terus dikembangkan dan dimajukan. Agar kualitas dan kuantitasnya semakin meningkat.

Capaian prestasi dalam Fornas VII ini akan semakin memacu optimisme Jatim untuk bertekad bisa menjadi tuan rumah Fornas IX pada 2027 mendatang. Persiapan akan terus digalakkan. (*)

Tombol Google News

Tags:

fornas vii KORMI Jatim KORMI Sidoarjo Olahraga Rekreasi Prestasi Sidoarjo Pemkab Sidoarjo