KPU Kota Batu Targetkan Peningkatan Partisipasi Pemilih di Pilkada 2024

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

15 Mei 2024 05:31 15 Mei 2024 05:31

Thumbnail KPU Kota Batu Targetkan Peningkatan Partisipasi Pemilih di Pilkada 2024 Watermark Ketik
Rapat Koordinasi Bersama Sukseskan Pilkada Serentak 2024 bersama Media Massa di Hortensia Resto Kusuma Agrowisata, Selasa (14/5/2024) Malam. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto menyampaikan peran penting media massa untuk mengedukasi masyarakat. Pihaknya memiliki tanggung jawab besar untuk mempertahankan partisipasi pemilih dan menjaga kualitas Pilkada 2024. 

Oleh sebab itu, upaya sosialisasi digencarkan. Salah satunya dengan menggelar Rapat Koordinasi Bersama Sukseskan Pilkada Serentak 2024 bersama media massa di Hortensia Resto Kusuma Agrowisata, Selasa (14/5/2024) Malam.

"Dalam Pemilu 2024 lalu, tingkat partisipasi 87 persen di Kota Batu. Target kami ada peningkatan, meskipun berapa digit. Kami harus mempertahankan partisipasi," katanya.

Menurut Heru, peran aktif media massa penting untuk menggerakkan masyarakat agar mendapatkan edukasi politik yang baik serta sadar pentingnya pilihan mereka. Kata Heru, tanpa peran aktif media tidak akan terjadi peningkatan kesadaran masyarakat. 

"Kondisi Pilkada yang baik akan terwujud dengan menggandeng seluruh stake holder. Baik dari kalangan politik, pemerintah, media massa hingga budayawan," jelasnya.

Heru menjelaskan, tahapan pilkada 2024 telah dimulai. Terbaru adalah pendaftaran Pasangan Calon perseorangan atau independen telah berakhir berakhir pada 12 Mei 2024.

Sementara pendaftaran pasangan calon akan berlangsung pada 27 hingga 29 Agustus 2024. Pemungutan suara bakal digelar pada 27 November 2024. 

"KPU mengharapkan media proaktif untuk menyuarakan perkembangan pilkada sehingga masyarakat benar-benar memahami siapa calon kepala daerah yang dipilih," tegasnya.

Untuk informasi, dalam Rapat Koordinasi Bersama Sukseskan Pilkada Serentak 2024 bersama media massa, KPU Kota Batu menghadirkan narasumber Slamet Hendro Kusumo, mantan wartawan yang merupakan salah satu anggota Kelompok Kerja Peningkatan Status Kota Batu, dan Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Marlina.(*)

Tombol Google News

Tags:

KPU Kota Batu Sosialisasi Partisipasi Pemilih