Kunjungi Rumah Bung Karno, Ganjar Kagum Kesederhanaan sang Proklamator

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

6 Mei 2023 13:41 6 Mei 2023 13:41

Thumbnail Kunjungi Rumah Bung Karno,  Ganjar Kagum Kesederhanaan sang Proklamator Watermark Ketik
Ganjar Pranowo saat mengunjungi Rumah Bung Karno, Sabtu (6/5/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Calon Presiden 2024 dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo mengunjungi rumah tempat lahirnya sang Proklamator Bung Karno yang terletak di Gang 4 Nomor 40, Jalan Peneleh, Surabaya, Sabtu (6/5/2023) sore. 

Ganjar mengatakan Bung Karno merupakan sosok Inspiratif, beliau adalah sosok pemimpin Indonesia yang disegani oleh dunia. Dengan didampingi komunitas sejarah Begandring, Ganjar melihat ke dalam rumah kelahiran presiden pertama RI tersebut.

"Api perjuangan Bung Karno saya harap bisa muncul dari Surabaya kembali dan sampai ke seluruh Indonesia, bahkan sampai ke seluruh dunia," kata Ganjar. 

Dirinya terharu karena begitu sederhana tempat kelahiran Bung Karno. Saat kecil Bung Karno kecil kerap dititipkan di rumah kerabat, H Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto di Peneleh. Bung Karno bergaul dengan anak sesama usianya kala itu. 

Saat kunjungannya di rumah Bung Karno tersebut, Ganjar menerima kendil dari sejumlah tokoh masyarakat dan pegiat budaya. Kendil tersebut berisi air 'tuah' karena berasal dari Sumur Jobong. Sumur ini sudah ada sejak zaman Majapahit dan berusia 600 tahun.

"Penyerahan kendil sekaligus sebagai simbol peneguhan spirit kebangsaan Indonesia,” kata Kuncarsono Prasetyo, penggiat dari Komunitas Sejarah Begandring Soerabaia. 

Sumur Jobong berada di Kampung Pandean. Lokasinya seratus meter dari rumah lahir Bung Karno. Airnya bersih dan segar.

Kondisi sumur masih terawat sampai sekarang. Sumur itu sebagai lokasi cagar budaya dan destinasi wisata di Kawasan Kampung Pandean.(*)

Tombol Google News

Tags:

pilpres2024 pemilu2024 Ganjar Pranowo PDIP Rumah Bung Karno