Lebaran Usai, Warga Surabaya Padati Toko Emas

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

28 April 2023 07:34 28 Apr 2023 07:34

Thumbnail Lebaran Usai, Warga Surabaya Padati Toko Emas Watermark Ketik
Suasana Toko Emas di Jalan Blauran Surabaya, Jumat (28/4/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah telah usai. Kini banyak masyarakat memadati toko emas entah untuk menjual maupun membeli emas. Hal ini dilakukan untuk menambal kebutuhan pasca libur lebaran lalu.

Wartawan Ketik.co.id mendatangi beberapa toko emas yang ada di Pasar Blauran Surabaya. Tampak toko-toko itu banyak didatangi masyarakat.

Salah satu konsumen Wulandari mengatakan jika kebiasaannya selama ini memang menjual emas setelah lebaran karena terhimpit kebutuhan untuk tambahan keuangan pasca lebaran. Sebelumnya wanita asal Perak ini membeli cincin dengan berat 2,5 gram saat satu bulan sebelum lebaran dan mudik. Kebiasaan ini dia lakukan karena setiap Idul Fitri pengeluaran kebutuhan melebihi ekspetasi.

"Kebiasaan saya sebelum lebaran beli emas untuk jaga-jaga nanti setelah lebaran bisa dijual ketika kekurangan uang karena kebutuhan lebaran memang selalu overload ketika lebaran tiba," ungkap Wulan, Jumat (28/4/2023).

Saat membeli Wulan menyebut harga emas masih Rp600 ribuan per gram untuk jenis 17 karat. Saat ini harga jual emas mencapai Rp717 ribu.

"Lumayan kita masih untung 100 ribu dari penjualan karena saya tahu kalau setelah lebaran itu harga emas pasti tinggi baik penjualan maupun pembelian,"ungkapnya.

Menurut data dari salah satu toko emas terbesar di Surabaya, Depaul, per 27 April 2023 harga jual beli emas terhitung untuk kadar emas 8 sampai 9 karat harga jual mencapai Rp409 ribu. Sedangkan harga beli Rp465 ribu.

Untuk kadar emas 16 karat, harga jualnya Rp661 ribu sedangkan harga belinya Rp735 ribu. Sementara untuk kadar emas 17 karat harga jual mencapai Rp717 ribu sedangkan harga beli Rp 815 ribu. (*)

Tombol Google News

Tags:

lebaran Emas hari raya idul fitri Surabaya Warga Surabaya