Mau Momen Bukber Ramadan Terdokumentasi Maksimal? Gunakan Fitur-Fitur Ini di Kamera Smartphone

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

16 Maret 2024 09:04 16 Mar 2024 09:04

Thumbnail Mau Momen Bukber Ramadan Terdokumentasi Maksimal? Gunakan Fitur-Fitur Ini di Kamera Smartphone Watermark Ketik
Ilustrasi mengabadikan momen Ramadan. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Pada bulan Ramadan, salah satu kegiatan atau aktivitas rutin yang ditunggu-tunggu adalah acara buka puasa bersama atau bukber.

Selain menjadi momen untuk meningkatkan spiritualitas, bukber juga bisa menjadi ajang untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga dan teman. 

Tentu saja di momen istimewa tersebut banyak orang yang mengabadikan saat-saat berkumpul dan bercengkrama bersama orang terdekat untuk dijadikan sebuah konten. Namun merekam konten-konten Ramadan dengan smartphone memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah kondisi pencahayaan yang lebih terbatas di malam hari.

Oleh sebab itu berikut ini fitur-fitur kamera smartphone yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan tangkapan gambarmu menjadi lebih baik.

1. Gunakan night mode untuk konten yang jelas dan terang

Kualitas foto yang jernih, terang, dan hidup adalah syarat utama untuk konten-konten yang layak share dan disukai orang di media sosial. Namun merekam konten bukber menghadirkan tantangan pencahayaan yang serba terbatas karena acara ini mulai diadakan menjelang maghrib, ketika hari mulai gelap. 

Foto Penggunaan fitur Shoot Sugestion. (Foto: Samsung)Penggunaan fitur Shoot Sugestion. (Foto: Samsung)

2. Night Portrait Mode untuk menonjolkan ekspresi yang berkesan

Pada saat mendengarkan kultum menjelang waktu berbuka mungkin ada ekspresi-ekspresi yang muncul. Kamu bisa menyoroti ekspresi-ekspresi ini untuk memberikan kesan yang kuat pada foto-foto bukbermu. 

Emosi dan ekspresi yang mungkin biasanya tertutup bayangan malam, kini dapat kamu tonjolkan dengan mudah dalam fotomu dan memberikan kesan yang lebih artistik.

3. Stabilkan dengan OIS dan VDIS

Akibat pencahayaan yang rendah, gerakan atau getaran pada tangan akan mudah membuat foto dan video menjadi buram. Untuk itu kamu bisa menggunakan fitur optical image stabilization (OIS) dan video digital image stabilization (VDIS) untuk menjaga kontenmu tetap stabil dan tidak buram. 

Fitur OIS dan VDIS akan mengurangi efek guncangan atau getaran tangan saat merekam dalam kondisi cahaya rendah dan menjaga gambar tetap tajam dan jernih.

4. Gunakan fitur Shoot Sugestion 

Untuk menghasilkan foto bukber dengan komposisi yang bagus kamu bisa mengaktifkan fitur Shot suggestion. Ini adalah fitur cerdas yang akan membantumu menghasilkan komposisi foto yang ideal. Misalnya, kamu ingin merekam berbagai menu berbuka yang sudah tersaji di meja, arahkan kamera ke sana dan gabungkan dua lingkaran yang muncul di layar sampai menyatu dan berubah warna kuning, lalu jepret.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi Ramadan Konten Fitur Kamera smartphone keluarga OIS Night Mode Shoot Sugestion