Melatih Anak Bersilaturahmi Saat Lebaran, Lakukan Hal ini

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

22 April 2023 05:00 22 Apr 2023 05:00

Thumbnail Melatih Anak Bersilaturahmi Saat Lebaran, Lakukan Hal ini Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Berkumpul dengan keluarga merupakan agenda wajib saat perayaan hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Dalam hal ini sudah pasti para anak anak juga akan ikut berkumpul bersama orang tua mereka.

Saat moment lebaran sebenarnya merupakan saat yang pas untuk mengajarkan anak bagaimana bersilaturahmi kepada keluarga besar. Jangan sampai, anak hanya mengenal keluarga besarnya dari social media 

Moment satu tahun sekali ini bisa kita manfaatkan sebagai wadah untuk mengajarkan anak tentang kekerabatan dan sopan santun saat bersilahturahmi. Setidaknya, ajarkan anak-anak untuk mengenal dekat siapa paman, bibi, sepupu, nenek, dan kakeknya.

Selain itu Mengajarkan anak untuk bersilaturahmi juga baik bagi tumbuh kembang psikologisnya. Anak yang lebih dekat dengan keluarganya cenderung lebih stabil dalam proses tumbuh kembangnya. Sebab, dia akan menerima kasih sayang yang lebih berlimpah dari keluarganya.

Berikut ini hal-hal sederhana yang bisa mulai diajarkan kepada anak-anak

 

1. Ajarkan Anak Memanggil Saudara dengan Benar

Saat bertemu dengan keluarga besar ajarkan anak untuk menyapa dan memanggil saudaranya dengan benar. seperti 'Pak', 'Bu', 'Kakak', 'Adik, 'Om', 'Tante' dan lainnya dengan menjelaskan perbedaan sebutan tersebut satu per satu.

 

2. Ajarkan Anak Mengucapkan Salam

Jangan lupa untuk juga mengajarkan bagaimana cara mengucapkan salam kepada para saudaranya. Tidak ada salahnya, untuk melatih dan membiasakan anak untuk mengucapkan salam dengan pelafalan yang baik dan benar saat sedang berada di rumah. 

 

3. Ajarkan Cara Duduk dengan Manis

Pelajaran duduk manis tidak hanya berlaku saat lebaran, tapi harus dilakukan sejak dini dan harus dibentuk agar jadi kebiasaan positif. Ajarkan Si Kecil cara duduk yang sopan, tidak mengangkat kaki atau melipat kaki di atas kursi.

 

4. Tidak Memgambil Makanan Sebelum Dipersilahkan

Saat bertamu di rumah orang walaupun itu keluarga sendiri ajarkan anak untuk tidak memgambil makanan terlebih dahulu sebelum dipersilahkan oleh tuan rumah. 

 

5. Berkata Dengan Sopan

Jangan lupa untuk mengajarkan anak mengenai tata krama dasar seperti mengucapkan 'tolong' jika menginginkan sesuatu, 'maaf' jika melakukan kesalahan dan 'terima kasih' jika diberikan sesuatuoleh orang lain. Hal ini akan membantu anak bersikap dengan sopan saat bersilaturahmi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Silaturahmi lebaran anak Sopan Salam Keluarga besar