Meski Tergerus Kecanggihan Gawai, Minat Baca Perpusda Pacitan Kian Bertumbuh

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

11 Oktober 2023 10:24 11 Okt 2023 10:24

Thumbnail Meski Tergerus Kecanggihan Gawai, Minat Baca Perpusda Pacitan Kian Bertumbuh Watermark Ketik
Mahasiswa Universitas Terbuka Asmarayuda (21) bersama dua temannya yang sedang mencari buku rujukan untuk mengerjakan tugas kuliah di Perpustakaan Daerah Pacitan. (Foto: Al ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Meskipun tergerus oleh kecanggihan smartphone, minat baca masyarakat di Pacitan, Jawa Timur, kian bertumbuh. Hal ini terlihat dari padatnya jumlah pengunjung di Perpustakaan Daerah (Perpusda).

Kepala Bidang Pelayanan dan Koleksi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Pacitan Joko Wahyudi menyebut, pengunjung Perpusda Pacitan pada periode Januari hingga September 2023 ini mencapai 25.573 orang atau melebihi target 15 ribu pengunjung.

"Seperti tahun lalu, di tahun ini juga sudah melebihi target. Jumlah pengunjung ini didominasi oleh kalangan pelajar secara mandiri maupun yang dikoordinir oleh pihak sekolah untuk berkunjung," kata Joko, Rabu, (11/10/2023).

Joko melanjutkan, setiap hari pengunjung terus mengalir mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum. Meskipun dengan pesatnya perkembangan teknologi dan para pembaca mulai beralih ke digital, namun kunjungan baca masyarakat tetap ada.

Saat ini, kata dia, jumlah koleksi buku berkisar 20-an ribu judul. Pihaknya bakal terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat, salah satunya dengan mengadakan berbagai kegiatan literasi.

"Kami juga menyediakan berbagai layanan perpustakaan yang memudahkan masyarakat untuk mengakses buku," ucapnya.

Foto Potret dari depan Perpustakaan Daerah Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Potret dari depan Perpustakaan Daerah Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Salah satu pengunjung, Asmarayuda (21) yang ditemui bersama dua temannya saat mencari referensi untuk mengerjakan tugas kuliah mengapresiasi ketersediaan buku.

Menurutnya dengan koleksi buku yang cukup lengkap dan tempat yang nyaman bisa menjadi pilihan tepat bagi pecinta literasi untuk menambah khazanah keilmuan.

"Di sini buat nambah ilmu enak, untuk rekreasi juga nyaman, apalagi dengan suasana yang hening dan cukup kondusif membuat nyaman berlama-lama," ucap mahasiswa yang menempuh pendidikan di Universitas Terbuka cabang Pacitan tersebut.

Terdapat pula fasilitas Pojok Baca Digital (Pocadi) atau layanan perpustakaan digital yang disediakan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dan Ombudsman yang berada di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pacitan.

Hal ini, guna mendukung pelayanan membaca masyarakat selain dalam bentuk fisik, namun juga melalui akses digital.

Lebih lanjut, Disperpusip Pacitan, dengan berbagai fasilitas yang ada. Harapannya minat baca masyarakat di Pacitan dapat terus meningkat.

"Ya semoga untuk kedepannya, masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas di Perpusda, sehingga dapat mendorong budaya literasi maupun meningkatkan taraf hidup masyarakat sehari-hari," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

DISPERPUSIP PACITAN pacitan MINAT BACA PACITAN PERPUSTAKAAN DAERAH PACITAN