Minat Ikuti Tes CPNS? Perhatikan Tips ini Sebelum Daftar

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

8 Agustus 2023 02:51 8 Agt 2023 02:51

Thumbnail Minat Ikuti Tes CPNS? Perhatikan Tips ini Sebelum Daftar Watermark Ketik
Ilustrasi tes CPNS. (Foto: ASN Institute)

KETIK, SURABAYA – Pemerintah sudah mengumumkan bahwa September mendatang akan dibuka pendaftaran tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023.

Bagi anda yang berminat mendaftar, persiapkan diri serta pikirkan secara matang. Jangan sampai salah memilih formasi tes CPNS yang pas untuk anda.

Berikut tips untuk memilih formasi yang tepat sebelum mendaftar tes CPNS:

1. Pastikan Kualifikasi Pendidikan Sama dengan yang Dimiliki

Pastikan kalau kualifikasi pendidikan yang dijadikan sebagai syarat penerimaan CPNS ini sama dengan yang kamu miliki. Kebanyakan pelamar CPNS tidak lolos tahapan awal dikarenakan pendidikan yang dimiliki tidak sama persis dengan yang disyaratkan.

Padahal poin ini sangatlah penting dalam tips memilih formasi CPNS. Misalkan saja ada formasi CPNS yang membutuhkan Teknik Fisika, kalau ijazah kamu bukan Teknik Fisika, hindari untuk nekat melamar.

Sebisa mungkin carilah yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang kamu kuasai.

2. Cek Berapa Banyak Jenis Kualifikasi Pendidikan

Penting bagi kamu untuk mengecek berapa banyak jenis kualifikasi pendidikan dalam tips memilih formasi CPNS.

Jadi misalkan saja di dalam keterangan persyaratannya tercantum dibutuhkan 10 kualifikasi S1 Teknik Fisika untuk formasi dalam kementrian tertentu, maka peluangnya terbilang cukup banyak.

Tapi jika hanya ada 1-2 kualifikasi saja, persaingan kamu akan semakin lebih ketat lagi. Oleh karena itu, lebih aman jika mencari yang kualifikasinya lebih banyak.

3. Perhatikan Syarat Khusus yang Diminta

Ada beberapa instansi pemerintahan yang memberikan persyaratan khusus kepada para pelamarnya. Misalkan saja seperti nilai TOEFL/IELTS atau bisa juga minimum IPK tertentu.

Jadi beda instansi beda pula syarat khusus yang diajukan. Kamu harus benar-benar memperhatikan syarat khusus yang diminta.

4. Pilih Penempatan Unit atau Satuan Kerja

Yang harus diperhatikan dalam tips memilih formasi CPNS. Penempatan unit atau satuan kerja akan menjadi pertimbangan dalam memilih formasi karena tidak semua instansi penempatannya sama.

Beberapa instansi bahkan ada yang tidak mencantumkan penempatan kerja atau akan ditempatkan di mana. Kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu di unit atau satuan kerja mana nantinya akan ditempatkan jika lolos seleksi.

Kalau merasa tidak sesuai, bisa langsung beralih memilih formasi yang lainnya sehingga tidak membuang waktu.

5. Cocokkan Skor dengan Peluang Instansi

Mencocokkan skor dengan peluang instansi juga penting dalam tips memilih CPNS. Masing-masing instansi pemerintahan selalu memiliki ambang batas nilai yang berbeda setiap tahunnya.

Kita harus mengecek terlebih dahulu skor tersebut sebelum mendaftar. Dengan begitu kamu akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

Setelah mengetahui skor, kamu bisa melakukan tes mandiri sendiri dan mencocokkan dengan ambang batas nilai dari formasi yang ingin dipilih. Jika bisa melewati batas nilai, bisa memilih formasi CPNS tersebut.

6. Pilih Formasi dengan Peluang Besar

Penting untuk memilih formasi dengan peluang besar saat akan mengikuti tes CPNS. Umumnya, formasi yang ada di daerah akan lebih sedikit pendaftarnya jika dibandingkan dengan formasi yang ada di pusat.

Ditambah lagi, formasi yang ada di daerah juga biasanya memiliki syarat yang tidak serumit formasi yang ada di pusat.

7. Cek Instansi dengan IPK Tertentu

Tips memilih formasi CPNS ini masih ada kaitannya dengan poin yang ada di nomor tiga. Tips terakhir ini bisa diterapkan saat akan mendaftar tes CPNS. Sebisa mungkin carilah instansi pemerintahan yang cocok dengan IPK. (*)

Tombol Google News

Tags:

CPNS Tes CPNS PNS Tips Memilih Instansi Formasi CPNS