Pelamar CPNS di Kota Batu Tembus 3.287 Orang

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

11 September 2024 15:17 11 Sep 2024 15:17

Thumbnail Pelamar CPNS di Kota Batu Tembus 3.287 Orang Watermark Ketik
Balaikota Among Tani Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil atau CPNS resmi ditutup pada Selasa, 10  September 2024.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kota Batu, Santi Restuningsasi menjelaskan, jumlah pelamar CPNS Kota Batu mencapai 3.287 orang. 

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.551 pelamar dinyatakan memenuhi syarat administrasi. Sementara 1.277 pendaftar masih dalam proses verifikasi.

"Ada juga pelamar yang tidak memenuhi syarat karena surat lamaran yang salah," katanya, Rabu, 11 September 2024.

Beberapa kesalahan surat lamaran yaitu berupa surat lamaran tidak ditujukan kepada Wali Kota Batu. Selain itu, disebabkan karena pengisian akreditasi perguruan tinggi yang harusnya diisi saat pelamar lulus, tetapi diisi yang terbaru.

“Sehingga tidak sesuai dengan persyaratan,” tambah Santi.

Santi menjelaskan, pelamar yang lulus administrasi nantinya akan mengikuti tes SKB dan SKD berbasis CAT yang lokasinya akan diumumkan pemerintah pusat. Kemudian, hasil seleksi administrasi diumumkan pada 14-17 September 2024.

"Untuk Kota Batu, membuka 50 formasi jabatan terdiri dari 9 tenaga kesehatan dan 41 tenaga teknis," ujarnya.

Santi menjabarkan, 41 formasi tenaga teknis dikelompokkan ke dalam 24 jabatan. Sebanyak 41 tenaga teknis akan mengisi kursi di sejumlah OPD. Antara lain, BKAD, Diskoperindag, Dinsos, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), Dinas Perumahan Kawasan Permukiman (Disperkim), BKPSDM.

Kemudian Disparta, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Bagian Organisasi, Bappelitbangda, DPUPR, Inspektorat, Sekretariat DPRD, Diskominfo dan Damkarmat.

Menurutnya, dinas lainnya rata-rata dua atau satu formasi. Dari 50 formasi, ada satu formasi disabilitas yakni analis keuangan pusat dan daerah ahli pertama di BKAD, jurusan S1 akuntansi.

"Kebutuhan jumlah formasi tersebut didasarkan pada analisis jabatan dan analisis beban kerja, ditambah regulasi yang diterbitkan Kemenpan-RB,"

Santi menegaskan, pihaknya juga menyediakan layanan konsultasi atau helpdesk melalui grup telegram. Para calon pelamar menanyakan beberapa hal, seperti contoh surat lamaran yang padahal sebelumnya telah disampaikan di laman web BKPSDM Kota Batu.

“Selain itu ada yang kesulitan soal E-Materai, itu merupakan keputusan dari BKN pusat, tetapi mulai 5 September boleh pakai materai tempel,” tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu CPNS bkspdm Kota Batu