Nani Wijaya Main Film Sejak SMP, Ini Sederet Penghargaannya

Jurnalis: Marno
Editor: M. Rifat

16 Maret 2023 02:46 16 Mar 2023 02:46

Thumbnail Nani Wijaya Main Film Sejak SMP, Ini Sederet Penghargaannya Watermark Ketik
Almarhumah Nani Wijaya (kanan) bersama sang putri, Cahya Kamila. (Foto: IG@cahyakamila88)

KETIK, JAKARTA – Debut artis senior Nani Wijaya di dunia akting dimulai pada 1958 dalam Linda. Ketika duduk di bangku SMP ia diterima jadi pemain pembantu dalam Darah Tinggi (1960).

Setahun kemudian Nani mendapat peran utama dalam Di Balik Dinding Sekolah. Antara tahun 1962-1968, ia lebih banyak bermain sebagai pemeran pembantu, antara lain dalam A Sing Sing So, Njanjian di Lereng Dieng, Petir Sepandjang Malam (1967).

Nama Nani Wijaya digunakan sebagai nama asli karakter Sri Asih ciptaan R.A. Kosasih pada tahun 1954, yang kemudian diadaptasi ke layar lebar dengan diperankan oleh Mimi Mariani.

Tak banyak yang tahu ternyata pemeran Emak di Sitkom Bajaj Bajuri ini pernah mendalami ilmu kriminologi. Setelah lulus SMA, Nani melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia, dengan mengambil jurusan Kriminologi di Fakultas Ilmu Sosial seperti dikutip wikipedia.

Selama bergelut di dunia akting baik layar lebar maupun layar kaca, aktris yang dikaruniai 6 anak dari suami Michbah Yusa Biran ini meraih sederet penghargaan.

Pada Festival Film Indonesia (FFI) dia meraih Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dalam film Yang Muda yang Bercinta pada tahun 1978 dan Film RA Kartini pada tahun 1983.

Ibunda Cahya Kamila ini pernah masuk nominasi pemeran wanita terbaik FFI dalam film Bukan Sandiwara Nominasi (1981), Yang, Terlarang Tersayang (1984), Selamat Tinggal Jeanette (1988).

Aktris yang pernah menikan dua kali, dengan sutradara Misbah Yusran Biran dan Sastrawan Ajib Rosidi itu juga pernah menerima Lifetime Achievement Award pada Festival Film Bandung pada 2010.

Pada Indonesian Movie Actors Awards 2012, Nani Wijaya yang bermain dalam Ummi Aminah masuk nominasi sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Pemeran Utama Wanita Terfavorit.

Selain itu, aktingnya di Ummi Aminah juga masuk nominasi Piala Maya sebagai Aktris Utama Terpilih (2012).

Aktris kelahiran Cirebon 10 November 1944 itu pernah menerima Lifetime Achievement Award dalam ajang Indonesian Movie Actors Awards 2021 dan Indonesian Drama Series Awards 2022.

Seperti diketahui, artis senior Nani Wijaya meninggal dunia di RS Fatmawati, Kamis (16/3/2023) pukul 3.28 WIB. Kabar duka meninggalnya perempuan berhijab ini disampaikan oleh putri almarhummah, Cahya Kamila lewat akun Instagram pribadinya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Nani Wijaya emak Bajaj Bajuri Meninggal dunia