Penuhi Kebutuhan Masyarakat, KAI Divre III Palembang Siapkan 43 Unit Kereta Penumpang

Jurnalis: Wisnu Akbar Prabowo
Editor: Millah Irodah

24 Oktober 2024 13:53 24 Okt 2024 13:53

Thumbnail Penuhi Kebutuhan Masyarakat, KAI Divre III Palembang Siapkan 43 Unit Kereta Penumpang Watermark Ketik
Sejumlah penumpang melintasi peron kereta api penumpang di Stasiun Kertapati, Palembang. (Foto: KAI Divre III Palembang)

KETIK, PALEMBANG – Dalam rangka memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat Sumatera Selatan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) III Palembang menambah jumlah rangkaian kereta penumpang menjadi 43 unit.

Jumlah ini terbagi untuk memenuhi operasi kereta api penumpang KA Bukit Serelo, KA Ekspres Rajabasa, dan KA Komersial Sindang Marga.

Manager Humas PTKAI Divre III Palembang, Aida Suryanti menjelaskan, penambahan unit kereta ini dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam menggunakan jasa transportasi PT KAI Divre III Palembang.

“Penambahan unit kereta ini kita lakukan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam bertransportasi di PT KAI Divre III Palembang,” kata Aida, Kamis 24 Oktober 2024.

Aida pun membeberkan, 43 unit kereta tersebut terbagi menjadi 14 unit kereta K1 (eksekutif), 8 unit kereta K2 (bisnis), 12 unit kereta K3 (ekonomi), 2 unit kereta M1 (kereta makan), 3 unit kereta KMP3 (kereta makan dan pembangkit), serta 4 unit kereta pembangkit yang dirangkai untuk masing-masing kereta sesuai kelasnya.

Lebih lanjut, Aida menerangkan rute keberangkatan kereta api yang selalu beroperasi setiap hari dengan tujuan sebagai berikut.

KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP), berangkat dari Kertapati pukul 09.00 dan dari Lubuklinggau pukul 10.15.

KA Ekspres Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang (PP), berangkat dari Kertapati pukul 08.30 dan dari Tanjung Karang pukul 08.30.

Untuk harga tiket KA Bukit Serelo dan KA Ekspres Rajabasa, Aida menuturkan, KAI menerapkan tarif parsial, yaitu tarif yang dikenakan penumpang kereta api sesuai jarak yang ditempuhnya, dengan tarif maksimal Rp32 ribu.

Rute kereta selanjutnya, yakni KA Komersial Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP), berangkat dari Kertapati pukul 20.15 dari Lubuk Linggau pukul 19.45.

Berbeda dengan dua rangkaian kereta lainnya, KA Komersial Sindang Marga menerapkan harga tiket tetap dengan ketentuan berdasarkan tarif batas bawah (TBB) dan tarif batas atas (TBA).

Untuk KA Komersial Sindang Marga kelas Eksekutif memiliki TBA Rp350 ribu dan TBB Rp140 ribu. Sedangkan KA Komersial Sindang Marga kelas Bisnis memiliki TBA Rp260 ribu dan RBB Rp100 ribu.

“KAI Divre III Palembang berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat pengguna jasa kereta api agar kereta api terus menjadi pilihan masyarakat dalam bertransportasi,” lanjut Aida.

Untuk mempermudah penumpang dalam memesan tiket, Aida mengatakan, pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi Access By KAI, website KAI, gerai supermarket dan aplikasi pemesanan tiket online lain yang telah bekerja sama dengan KAI. Pemesanan tiket pun dapat dilakukan sejak h-45 keberangkatan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Penumpang Kereta Api Indonesia KAI tiket pemesanan Pesan