Perkuat Kerjasama, Pemangku Kepentingan Internet Bakal Gelar APAC DNS Forum 2024

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

20 Mei 2024 11:00 20 Mei 2024 11:00

Thumbnail Perkuat Kerjasama, Pemangku Kepentingan Internet Bakal Gelar APAC DNS Forum 2024 Watermark Ketik
Forum Domain Name System (DNS) kawasan Asia Pasifik (APAC) akan digelar di Bali pada 23-24 Juli 2024. (Foto: APAC DNS Forum 2024)

KETIK, MALANG – Para pemangku kepentingan internet bakal menggelar Forum Domain Name System (DNS) kawasan Asia Pasifik (APAC) di Bali pada 23-24 Juli 2024. Forum tersebut sebagai upaya memperkuat kerjasama, meraih peluang dari internet dan menghadapi tantangan yang akan terjadi.

Forum tersebut digelar oleh The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Adapun tema yang diambil ialah Building Bridges: Strengthening Collaboration to Shape the Internet’s Future.

“Sejalan dengan tema tahun ini, PANDI dan ICANN berperan sebagai penghubung antara Indonesia, ekosistem internet global, dan komunitas internet regional. Kolaborasi dan kerja sama seperti ini sangat penting untuk masa depan dari Internet," ujar John Sihar Simanjuntak, Ketua PANDI.

DNS memiliki peran untuk menyokong fungsi internet global dan peluang inovasi. Menurut John kerjasama dapat memperkuat interoperabilitas internet yang bersifat global. Dengan memperluas sektor nama domain digadang mampu membuka peluang ekonomi dan menghilangkan batasan bahasa.

"Forum ini secara istimewa juga akan menyajikan diskursus yang krusial untuk internet di masa depan, termasuk eksplorasi terkait penerapan dan pengintegrasian teknologi Blockchain yang relevan dan kontekstual dengan tata kelola internet global,” lanjutnya.

Pada forum ini pula, peluang dan kontribusi terhadap transformasi digital diharapkan dapat terekploarsi di kawasan Asia Pasifik. Pengaruh dari inisiatif legislasi, regulasi internet, seta pentingnya model pemangku kepentingan dalam tata kelola internet juga menjadi topik bahasan.

ICANN sendiri juga telah berhasil menggelar DNS Forum di berbagai negara seperti Afrika, Eropa Timur dan Asia Tengah, Amerika Latin dan Karibia, hingga Timur Tengah.

"Kami bersemangat sekali untuk menganalisa peluang dan tantangan yang ditawarkan Internet di kawasan Asia Pasifik, dan harapannya Forum ini dapat bermanfaat serta menjadi candradimuka dan pemahaman yang mendalam bagi peserta," ucap Jia-Rong Low, Vice President and Managing Director of ICANN APAC. (*) 

Tags:

APAC DNS Forum 2024 Pemangku Kepentingan Internet APAC ICANN PANDI Bisnis digital
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1