Plt Bupati Sidoarjo Subandi Serahkan Bantuan untuk Petani agar Tidak Kekurangan Air

Editor: Fathur Roziq

2 Agustus 2024 14:43 2 Agt 2024 14:43

Thumbnail Plt Bupati Sidoarjo Subandi Serahkan Bantuan untuk Petani agar Tidak Kekurangan Air Watermark Ketik
Plt Bupati Sidoarjo H Subandi (kanan) menyerahkan bibit tanaman dan bantuan perpompaan untuk irgasi pertanian kepada 90 kelompok tani. (Foto: Dinas Kominfo Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Para petani memperoleh dukungan berupa bantuan pompa irigasi dari Kementerian Pertanian. Bantuan itu diberikan kepada kelompok tani di 16 kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo. Plt Bupati Sidoarjo H Subandi SH MKn berharap petani, sebagai pahlawan pangan, tidak sulit mendapatkan air.

Plt Bupati Subandi menyerahkan bantuan irigasi perpompaan besar itu pada Jumat (2/8).  Ada 90 titik kelompok tani penerima. Titik-titik tersebut selama ini dikenal rawan mengalami kekeringan. Dengan dukungan perpompaan irigasi ini, mereka bisa mengelola air irigasi secara efisien. Tidak ada lagi kekeringan.

”Produktivitas lahan pertanian bisa meningkat,” katanya Pendopo Delta Wibawa.

Subandi berharap bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) itu mampu memberikan dampak baik untuk petani di Sidoarjo. Dia juga berterima kasih kepada Dinas Pangan dan Pertanian (Panperta) Kabupaten Sidoarjo serta Kodim 0816/Sidoarjo.

”Selama ini selalu support dan peduli pada ketahanan pangan di Sidoarjo,” lanjutnya.

Bantuan perpompaan irigasi ini nantinya dikelola oleh kelompok tani sendiri atau swakelola. Subandi berharap setiap kelompok tani dapat lebih mudah mengakses sumber air dan mengatur irigasi sesuai kebutuhan tanaman. Juga mendapat akses BBM (bahan bakar minyak) dengan mudah.

”Selain itu, petani tidak lagi terganggu oleh dampak kekeringan panjang. Jagung dan beras yang menjadi bahan pangan pokok kita tetap produktif,” jelasnya.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Panperta) Kabupaten Sidoarjo Eni Rustianingsih mengungkapkan, bantuan pompa ini bertujuan meningkatkan ketersediaan air melalui irigasi perpompaan. Volumenya antara 6 sampai 6 kubik. Ada pula penambahan area tanam.

"Jika petani sudah mendapatkan bantuan pompa ini, indeks pertanaman (IP) meningkat. Dari sebelumnya per tahun satu kali tanam, bisa menjadi dua atau tiga kali tanam," kata dia.

Masing-masing kelompok tani mendapat bantuan Rp 112.800.000. Jumlah tersebut digunakan untuk pembangunan rumah pompa, tandon air, saluran air, pipa, pembelian pompa, serta alat-alat lain untuk menunjang aktivitas para petani.  (*)

Tombol Google News

Tags:

Bupati Sidoarjo Plt Bupati Subandi Plt Bupati Sidoarjo Subandi Pemkab Sidoarjo Dinas Pangan dan Pertanian Pangan Sidoarjo H Subandi