Polresta Sidoarjo Gelar Operasi Zebra Semeru 2023, Ini Pelanggaran yang Disasar

Jurnalis: Yudha Fury
Editor: Muhammad Faizin

4 September 2023 10:46 4 Sep 2023 10:46

Thumbnail Polresta Sidoarjo Gelar Operasi Zebra Semeru 2023, Ini Pelanggaran yang Disasar Watermark Ketik
Satlantas Polresta Sidoarjo, siap melaksanakan Operasi Zebra 2023

KETIK, SIDOARJO – Satlantas Polresta Sidoarjo menggelar Operasi Zebra Semeru 2023 di wilayahnya. Operasi yang digelar selama dua pekan, 4-17 September 2023 ditandai dengan gelar pasukan di Maporesta Sidoarjo, Senin (4/9/2023).

Operasi Zebra Semeru 2023 ini menyasar sejumlah pelanggaran. Mulai dari tidak menggunakan helm ber-SNI, tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arus hingga berboncengan motor lebih dari satu orang. Selain itu, operasi juga menyasar kendaraan angkutan yang Over Dimention Over Loader (ODOL) maupun berkendara dengan menggunakan handphone.

“Operasi Zebra bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan yang cenderung ada kenaikan sekaligus meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas,” terang Wakapolresta Sidoarjo AKBP Deny Agung Andriana, Senin (3/9/2023).

Selain tingkat pelanggaran yang meningkat, perwira dengan dua melati di pundaknya ini juga berpesan agar jajarannya turut mewaspadai mulai masuknya tahapan Pemilu 2024. Terlebih kegiatan masyarakat akan meningkat karena kegiatan kampanye yang biasanya diikuti oleh ratusan hingga ribuan massa.

Foto Wakapolresta Sidoarjo sematkan pita tanda Operasi Zebra Semeru 2023Wakapolresta Sidoarjo AKBP Deny Agung Andriana sematkan pita tanda Operasi Zebra Semeru 2023

Tak hanya itu, kedisiplinan berkendara dari peserta kampanye Pemilu nanti juga akan menjadi perhatian khusus dari pihak kepolisian. Selain melakukan penindakan, mereka juga akan memberikan edukasi disiplin berlalu lintas.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Angkutan Jalan, polisi mendapat amanah untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas). Polisi saat ini juga diminta untuk meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Dalam pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2023, kami juga menggandeng semua pihak terkait. Intinya kami mengedukasi masyarakat, bahwa tertib berlalu lintas dan keselamatan berkendara adalah hal yang utama,” pungkas AKBP Deny Agung Andriana. (*)

Tombol Google News

Tags:

Operasi Zebra Zebra Semeru 2023 sidoarjo Polresta Sidoarjo Satlantas