Puluhan Ribu Kendaraan Diprediksi Masuk Kota Malang Selama Libur Lebaran

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

22 Maret 2024 07:33 22 Mar 2024 07:33

Thumbnail Puluhan Ribu Kendaraan Diprediksi Masuk Kota Malang Selama Libur Lebaran Watermark Ketik
Kondisi jalanan yang ada di Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang memprediksi terdapat ribuan kendaraan yang akan masuk ke Kota Malang selama libur lebaran. Dari kendaraan roda dua dan roda empat, diperkirakan terdapat 59 ribu kendaraan yang akan masuk ke Kota Malang.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Minto Rahardjo jumlah tersebut mengalami peningkatan dari hari-hari biasa. Terlebih cuti bersama tahun ini memiliki fase yang cukup panjang.

Ia menjelaskan dari hasil Rapat Koordinasi Rencana Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Thun 2024 Provinsi Jawa Timur, terjadi peningkatan terhadap persentase pergerakan masyarakat.

"Persentasi pergerakan masyarakat di Jawa Timur ada kenaikan sebesar 16,2 persen. Itu didapatkan dari hasil rapat koordinasi," ujar Minto saat dihubungi pada Jumat (22/3/2024).

Kondisi tersebut berpengaruh pada jumlah kendaraan yang akan memasuki Kota Malang pada momen lebaran nanti. Untuk roda empat diperkirakan terdapat sekitar 19 ribu kendaraan yang masuk Kota Malang.

"Diperkirakan kendaraan yang masuk Kota Malang per hari pada masa lebaran sekitar 19 ribuan," katanya.

Selama ini kendaraan roda empat yang masuk ke Kota Malang berasal dari beberapa daerah. Di arah utara yakni Singosari, dari arah Timur yakni Madyopuro, arah Selatan berasal dari Kacuk, dan arah barat dari Kota Batu. Pada hari-hari biasa, jumlah kendaraan tersebut berada di angka 16.000 kendaraan.

Sementara itu untuk kendaraan roda dua juga memiliki kecenderungan yang sama dengan kendaraan roda empat. Namun pada hari biasa kendaraan yang masuk lebih banyak yaitu sekitar 35.000 kendaraan.

"Pada hari-hari biasa sekitar 35 ribuan kendaraan roda dua yang masuk ke Kota Malang," jelasnya.

Melihat persentase pergerakan masyarakat di Jawa Timur mengalami kenaikan sebesar 16,2 persen maka diperkirakan jumlah kendaraan roda dua yang masuk ke Kota Malang dapat mencapai 40.000 kendaraan.

"Persentase pergerakan masyarakat di jawa timur ada kenaikan sebesar 16,2 persen sehingga diperkirakan kendaraan yang masuk Kota Malang per hari pada masa lebaran sekitar 40 ribuan," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Malang Dishub Kota Malang Kendaraan Masuk ke Kota Malang Kepadatan Kendaraan Arus Lalu LIntas Kota Malang Libur lebaran