Puncak Bulan Inklusi Keuangan OJK di Kota Batu Diikuti Ribuan Masyarakat

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

20 Oktober 2024 18:17 20 Okt 2024 18:17

Thumbnail Puncak Bulan Inklusi Keuangan OJK di Kota Batu Diikuti Ribuan Masyarakat Watermark Ketik
Ribuan peserta mengikuti BIK Fun Run yang digelar OJK Malang di Car free Day Kota Batu, Minggu 20 Oktober 2024. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Puncak Acara Bulan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang tahun 2024 yang berlangsung di Car free Day Kota Batu berlangsung meriah, Minggu 20 Oktober 2024.

Ribuan masyarakat tumpah ruah mengikuti berbagai acara. Mulai dari fun run, senam zumba hingga hiburan musik

Kepala OJK Malang Biger Adzanna Maghribi menyampaikan, rangkaian Puncak Peringatan Bulan Inklusi Keuangan tersebut, ada BIK Fun Run, Finance Expo, Pound Fit Party, Fun Zumba , Inclusive Award, Duta Literasi Keuangan 2024, Pasar Rakyat UMKM , Edukasi Keuangan, Promo Produk Keuangan, hiburan serta pembagian hadiah.

"Seribu pelari supaya sehat, sehingga perekonomian juga sehat. Jadi kita juga turut merayakan ulang tahun Kota Batu. Kota Batu juga merupakan wilayah kerja OJK Malang, kita pilih Kota Batu karena udaranya segar," katanya.

Rangkaian acara untuk meningkatkan literasi keuangan kepada masyarakat tersebut juga telah digelar di Car free Day Kota Malang. Menurut Biger, Berdasarkan survey nasional literasi inklusi keuangan, Malang setara dengan nasional, yaitu di angka 80 persen sedangkan literasi 10 Persen di bawahnya.

"Targetnya untuk literasi keuangan bisa dilihat booth banyak produk jasa keuangan ada. Asuransi pembiayaan. Supaya masyarakat melek soal keuangan," ujarnya.

Foto Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai didampingi Kepala OJK Malang Biger Adzanna Maghribi memotong kue HUT ke 23 Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai didampingi Kepala OJK Malang Biger Adzanna Maghribi memotong kue HUT ke 23 Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

Sementara, Pn Wali Kota Batu Aries Agung Paewai berharap dengan adanya Bulan Inklusi Keuangan masyarakat di Malang Raya mengenal bagaimana mensimulasikan keuangan.

OJK sebagai pelindung dan pengawas perbankan tentunya diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengelola keuangan dengan baik.

"Apalagi saat ini banyak pinjol ilegal yang dapat menjerat masyarakat. Oleh karena itu kesadaran masyarakat harus ditingkatkan," urainya.

Menurut Aries, Pemkot Batu bersama OJK dan Bank Indonesia mensosialisasikan ke sekolah sekolah tentang pentingnya gemar menabung. Ia bersyukur gemar menabung ini sudah masif di sekolah sekolah terutama di Kota Batu. Baik tingkat SD SMP dan SMA.

"Mudah-mudahan ini terus berlanjut kita berharap ini nanti anak anak kita punya tabungan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu OJK Malang bulan inklusi keuangan Fun Run