Puncak Kemarau Panjang, Es Pelangi di Pacitan Jadi Incaran Pengendara

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: M. Rifat

4 Desember 2023 08:18 4 Des 2023 08:18

Thumbnail Puncak Kemarau Panjang, Es Pelangi di Pacitan Jadi Incaran Pengendara Watermark Ketik
Affar tengah meramu Es Pelangi (4/12/2023). (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Puncak kemarau panjang di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, membuat cuaca menjadi panas dan gerah. Hal ini dimanfaatkan oleh Affar (19), seorang penjual es pelangi asal Jepara, untuk meraup cuan jutaan rupiah.

Affar berjualan es pelangi bersama orang tuanya di barat SPBU Punung, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Ia menyediakan varian yang beragam, yaitu es buah, capuccino, melon, dan mangga.

"Cuaca panas begini, orang-orang pasti butuh yang segar-segar. Jadi, saya jual es pelangi yang rasanya enak dan menyegarkan," katanya saat ditemui Ketik.co.id di lapaknya, Senin (4/12/2023).

Dia mengaku, sejak awal kemarau, penjualan es pelanginya meningkat hingga dua kali lipat. Dalam sehari, ia bisa menjual hingga 500 cup es pelangi.

"Omsetnya bisa mencapai Rp3 juta per hari. Alhamdulillah, bisa membantu orang tua," sambungnya.

Ia mengatakan, ia menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk membuat es pelanginya. Ia juga menggunakan es batu yang baru dibuat, sehingga es pelanginya terasa segar dan dingin.

"Saya ingin pelanggan saya puas dengan es pelangi saya. Jadi, selalu berusaha memberikan yang terbaik," ucapnya.

Foto Lapak milik Affar yang terletak di Barat Pom Bensin Punung Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Lapak milik Affar yang terletak di Barat Pom Bensin Punung Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Selain cuaca yang panas, kondisi jalan yang padat juga menjadi salah satu faktor yang membuat es pelanginya menjadi incaran pengendara yang melintas di kawasan Pasar Punung.

"Pas lagi ramai, panas, terus liat ada es pelangi, langsung beli deh, Esnya enak banget, segar, harganya juga terjangkau," kata pengendara sepeda motor yang melintas, Anggun (25).

Salah satu faktor yang membuat Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) es pelangi milik Affar laris manis adalah karena rasanya yang enak dan segar. Es pelangi Affar dibuat dengan menggunakan sirup dan susu kental manis, sehingga memiliki rasa yang lebih beragam dan menyegarkan.

"Apalagi pas cuaca panas begini. Rasanya manis dan segar, bikin nagih. Warna-warni juga, akhirnya jadi kepingin," sambungnya.

Selain rasanya yang enak, ukuran es pelangi Affar juga terbilang lumayan besar. Dengan harga Rp5.000 per cup, es pelangi Affar menjadi pilihan yang terjangkau bagi pengendara yang melintas.

"Es pelanginya besar dan harganya juga terjangkau, jadi cocok buat yang pengen segar-segar," pungkas Anggun. (*)

Tombol Google News

Tags:

Es Pelangi di Pacitan UMKM pacitan