Pusaka Kyai Singkir dan Kyai Songgo Langit Dijamas Jelang HUT Ngawi, Dilanjutkan Larung Sukerto, Ini Tujuannya

Jurnalis: Dimas Cheppy Rusadhi
Editor: Eko Suprayitno

7 Juli 2023 09:30 7 Jul 2023 09:30

Thumbnail Pusaka Kyai Singkir dan Kyai Songgo Langit Dijamas Jelang HUT Ngawi, Dilanjutkan Larung Sukerto, Ini Tujuannya Watermark Ketik
Prosesi jamasan pusaka Kyai Singkir dan Kyai Songgo langir serta dua Payung Pusaka Tunggul Wulung di Pendapa Wedya Graha Kamis, (6/7/2023). (Foto: Humas Pemkab Ngawi)

KETIK, NGAWI Tradisi leluhur terus diuri-uri Pemkab Ngawi yang hari ini genap berusia 665 tahun. Sehari sebelum bertambah usia, tradisi jamasan pusaka terus dilestarikan.

Jamasan Pusaka dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Ke 665 Tahun 2023 ini, digelar di Pendopo Wedya Graha, Kamis (6/7/2023).

Prosesi jamasan dua pusaka Ngawi yakni tombak Kyai Singkir dan Kyai Songgo Langit, serta dua payung pusaka yakni Tunggul Wulung sertaTunggul Warono dengan air khusus yang disiapkan para sesepuh di Bumi Orek-Orek.

Prosesi jamasan pusaka Ngawi ini diawali  dengan mundhut serta lolos pusoko Kyai Singkir dan Songsong Tunggul Wulung, Kyai Songgo Langit serta Songsong Tunggul Warono oleh Parogo.

Selanjutnya pusaka tersebut diserahkan kepada Pangasto Pusoko. Saat prosesi pencucian atau menjamas diiringi rerepan gending Jamasan Pusoko, setelah selesai dijamas, pusaka tersebut dikembalikan ke gedung pusaka.

Air sisa jamasan pusaka Ngawi itu, selanjutnya diarak mengelilingi Bumi Orek-orek dan dilarung ke pertemuan sungai bengawan Solo dan Bengawan Madiun atau dikenal dengan sungai tempuk di Ngawi Purba, tradisi melarung air jamasan ini dinamakan Larung Sukerto. Tujuannya yakni untuk membuang aura negatif agar larut dan menyatu dengan aliran sungai Solo dan Madiun.

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono mengatakan tradisi rutin jamasan pusaka ini sebagai wujud penghormatan kepada leluhur pendiri Kabupaten Ngawi dengan terus menjaga dan melestarikan budaya.

"Ini adalah wujud penghormatan kepada para leluhur untuk terus kita uri-uri," tegasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko bersama jajaran Forkopimda Ngawi dan Kepala OPD Ngawi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jamasan Pusaka Kyai Singkir Kyai Songgo Langit Tunggul Wulung Pendapa Wedya Graha Larung Sukerto HUT Ngawi