Perpusnas RI Beri Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka untuk Bunda Literasi Kab Bandung

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

20 September 2024 22:53 20 Sep 2024 22:53

Thumbnail Perpusnas RI Beri Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka untuk Bunda Literasi Kab Bandung Watermark Ketik
Bunda Literasi Kab Bandung, Emma Dety Permanawati, meraih Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2024 dari Perpusnas RI di Jakarta, Jumat (20/9/24). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Bunda Literasi Kabupaten Bandung, Emma Dety Permanawati, meraih penghargaan dari Badan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, berupa Anugerah Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2024, untuk Kategori Pegiat Literasi.

Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka (NJDP) diterima langsung Emma Dety Dadang Supriatna dari Plt Kepala Perpusnas RI Aminudin Azis, pada Malam Gemilang Perpustakaan bertema “Literasi Berkelanjutan Menuju Indonesia Maju", di Balai Sudirman Jakarta, Jumat, (20/9/2024).

"Nugra Jasa Dharma Pustaloka merupakan apresiasi tertinggi dari pemerintah RI melalui Perpusnas kepada masyarakat baik perorangan, kelompok, dan lembaga,atas dedikasi dan kontribusinya dalam upaya pengembangan budaya baca dan literasi di masyarakat," kata Aminudin.

Sesuai amanat Undang-undang No 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, Pemerintah melalui Perpusnas wajib memberikan penghargaankepada seluruh pihak yang telah berperan aktif dan memberikan dedikasi dalam pengembangan perpustakaan, serta pembudayaan kegemaran membaca dan literasi di masyarakat.

Bunda Literasi Kab Bandung Emma Dety mengucapkan syukur alhamdulillah mendapatkan piagam penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka dan berterima kasih kepada masyarakat Kabupaten Bandung khususnya para Bunda Literasi hingga tingkat RW.

"Saya ucapkan terima kasih untuk Dispusip Kabupaten Bandung dan tentunya untuk masyarakat Kabupaten Bandung yang telah mengantarkan penghargaan dari Perpusnas RI ini. Terutama buat Bunda Literasi baik itu mulai dari tingkat kecamatan, desa hingga tingkat RW. Pokokna mah harus diliterasikeun,"ucap Emma Dety.

Kepala Dispusip Kabupaten Banudng Teguh Purwayadi menambahkan penghargaan ini tak lepas dari keaktifan Bunda Literasi di Kabupaten Bandung yang juga sudah mencetak Rekor MURI dengan Bunda Literasi terbanyak.

"Mungkin se-Indonesia baru di Kabupaten Bandung yeng memiliki Bunda Literasi terbanyak. Kabupaten Bandung sudah memiliki 4.620 Bunda Literasi hingga ke tingkat RW," kata Teguh. (*)

 

 

Tombol Google News

Tags:

bunda literasi emma dety literasi Perpusnas perpustakaan