Raih 7 Medali Emas pada ASEAN Para Games 2023, Inilah Sosok Rifky Maulana

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

19 Agustus 2023 11:33 19 Agt 2023 11:33

Thumbnail Raih 7 Medali Emas pada ASEAN Para Games 2023, Inilah Sosok Rifky Maulana Watermark Ketik
Atlet Para Renang Indonesia, Maulana Rifky Yavianda.(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Inilah sosok Maulana Rifky Yavianda, atlet berprestasi asal Jawa Timur yang berhasil membawa pulang 7 medali emas Asean Para Games 2023 dari cabang olahraga (cabor) renang di 7 nomor yang berbeda.

Atas prestasinya tersebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menganugerahkan lencana Jer Basuki Mawa Beya Emas, dan juga bonus senilai Rp. 505 juta.

Tujuh medali emas yang didapatkan Rifky diperoleh dari nomor 4x100m Gaya Ganti Estafet Putra, 50m Gaya Dada Putra S12, 100m Gaya Bebas Putra S12, 100m Gaya Punggung Putra S12, 100m Gaya Kupu-kupu Putra S12, 50m Gaya Bebas Putra S12, dan 4x100m Gaya Bebas Estafet Putra.

Atlet asal Kabupaten Gresik ini mengatakan, untuk mendapatkan 7 medali emas dirinya harus bekerja keras dengan berlatih. Dalam seminggu Rifky biasa berlatih sebanyak 10 kali.

Selain itu, ia juga tidak lupa untuk berdoa agar mendapatkan hasil yang maksimal.

"Latihan itu sudah pasti ya, seminggu saya bisa latihan 10 kali. Selain itu berdoa juga tidak lupa agar dimudahkan," jelasnya saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Jumat (18/8/2023).

Selain sebagai atlet Rifky juga masih tercatat sebagai mahasiswa Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta, jurusan pendidikan kepelatihan olahraga. Pria 21 tahun ini memandang pendidikan adalah hal penting untuk menopang masa depannya kelak.

"Sehari-hari saya kegiatannya kuliah, cuma karena ini lagi persiapan untuk ke Guangzhou. Jadi fokus latihan dulu," tambahnya.

Dalam mendukung keberhasilannya di ASEAN Para Games Kamboja 2023, peran serta Pemprov Jatim juga tidak bisa dilepaskan. Banyak fasilitas yang didapatkannya, sehingga memudahkannya untuk mempersiapkan diri. 

"Saya juga berterima kasih sama Pemprov sudah memberi perhatian yang sangat besar kepada para atlet, sehingga kami bisa membawa pulang medali," lanjut Rifky.

Sebagai atlet yang mendapatkan bonus terbanyak di ASEAN Para Games Kamboja 2023 dari Pemprov Jatim dengan total uang Rp 505 Juta, Rifky lebih memilih untuk menyimpannya untuk bekal di masa depan terutama masa tua. 

"Untuk bonusnya nanti kyaknya saya tabung untuk investasi biar masa tuanya gak kebingungan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

ASEAN Para Games Kamboja Olahraga Atlet Para Renang Pemprov Jatim Maulana Rifky Yavianda