Mahasiswa Unesa Sumbang Satu-satunya Medali Emas di Paralympic Paris 2024

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

10 September 2024 22:51 10 Sep 2024 22:51

Thumbnail Mahasiswa Unesa Sumbang Satu-satunya Medali Emas di Paralympic Paris 2024 Watermark Ketik
Leani Ratri Oktila satu satunya atlet Indonesia yang meraih medali emas di Paralympic Paris 2024. (Foto: Humas Unesa)

KETIK, SURABAYA – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Tererbaru mahasiswa Unesa berhasil meraih satu-satunya medali emas di ajang Paralympic Paris 2024.

Medali emas tersebut diraih Leani Ratri Oktila, mahasiswa Prodi S-3 Pendidikan Jasmani Unesa. Pada Paralympic Paris 2024, Leani bertanding di kategori mixed doubles SL3-SU5, atau ganda campuran cabor badminton bersama Hikmat Ramdani.

"Leani Ratri Oktila ini kan kerja di Kemenpora, tetapi lanjut kuliah berdasarkan beasiswa yang diberikan Unesa atas prestasi-prestasinya selama ini untuk Indonesia," ujar rektor Unesa, Nurhasan, Selasa 10 September 2024.

Pria yang akrab disapa Cak Hasan tersebut melihat penampilan Indonesia dalam Paralimpiade tahun ini sangat mengesankan dan impresif, sehingga mampu memecahkan rekor dengan perolehan medali terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia pada Paralimpiade.

Selain itu, pada final badminton mempertemukan All Indonesian Final. "Ini prestasi yang baik dan harus ditingkatkan lagi kedepannya," tambahnya.

Sementara itu, Dekan FIKK Dwi Cahyo Kartiko menuturkan selain Leani, terdapat mahasiswa Unesa lain yakni Tony Ricardo yang terjun di cabor judo. Akan tetapi pada Paralympic Paris 2024, Tony gagal membawa pulang medali bagi Indonesia.

"Tony memang belum berhasil meraih medali, tetapi perjuangannya sampai di babak perebutan medali perunggu itu luar biasa. Apalagi ini kan laga perdana dia di Paralimpiade,"pungkasnya.

Sebagai informasi, Indonesia menduduki peringkat ke-50 dunia setelah memboyong todal 14 medali. Rinciannya, 1 emas, 8 perak, dan 5 perunggu. Penampilan kontingen Indonesia dalam kompetisi bergengsi itu dinilai sangat mengesankan, sehingga berbuah rekor yang membanggakan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Unesa Pendidikan Paralympic Paris 2024 Olahraga Leani Ratri Oktila