Ram Ponselmu Penuh, Ini Cara Mengatasinya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

25 Desember 2023 03:00 25 Des 2023 03:00

Thumbnail Ram Ponselmu Penuh, Ini Cara Mengatasinya Watermark Ketik
Ilustrasi smartphone.(Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – RAM atau Random Access Memory adalah tempat penyimpanan data sementara di Smartphone. Hal ini berguna agar saat kita membuka suatu aplikasi, proses ini akan berjalan cepat karena datanya audah disimpan di RAM.

Apakah kamu sering merasakan ponselmu lemot atau lambat saat digunakan? Mungkin penggunaan RAM ponselmu tidak optimal. Jika terlalu banyak aplikasi atau proses yang mengonsumsi RAM, maka kinerja ponselmu akan terganggu dan menjadi lemot.

Namun, tenang saja, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan penggunaan RAM di ponselmu. Berikut kita simak uraiannya

1. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

Aplikasi yang tidak terpakai dapat menjadi penyumbat RAM yang mengurangi kinerja ponsel. Jika kamu merasa bahwa ada aplikasi yang tidak terpakai atau jarang digunakan, maka sebaiknya hapus aplikasi tersebut untuk membersihkan RAM.

2. Matikan aplikasi yang tidak digunakan

Jika kami merasa smartphone mu berjalan dengan lambat, hal ini bisa terjadi karena banyak aplikasi yang terbuka di background. Oleh sebab itu untuk mengoptimalkan kinerja dari RAM mu. Matikan aplikasi yang berjalan di background.

3. Gunakan aplikasi pembersih RAM

Gunakan aplikasi pembersih RAM. Aplikasi ini membersihkan RAM yang tidak terpakai atau terisi oleh aplikasi yang tidak sedang digunakan. Caranya mudah, instal aplikasi pembersih RAM dari Play Store atau App Store, buka, dan ikuti instruksi. Bahkan biasanya pabrikan smartphone sudah memasukkan fitur pembersih RAM di produk mereka untuk menghemat penyimpanan.

4. Nonaktifkan widget yang tidak terpakai

Widget merupakan fitur yang memperlihatkan informasi atau aplikasi di layar utama ponselmu. Meskipun bermanfaat, widget juga dapat mengonsumsi RAM dan menurunkan kinerja ponselmu jika tidak digunakan dengan benar. Oleh sebab itu lebih baik menonaktifkan widget yang tidak kamu gunakan.

5. Selalu update aplikasi di smartphone 

Coba perbarui aplikasi yang kamu gunakan ke versi terbaru. Memperbarui aplikasi ke versi terbaru bukan hanya akan memberikan fitur dan kinerja yang lebih baik, tapi juga dioptimalkan untuk mengonsumsi RAM yang lebih sedikit.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi memory RAM Ponsel aplikasi Update