Rambut Monte, Surga Tersembunyi di Blitar Utara

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

9 April 2024 09:00 9 Apr 2024 09:00

Thumbnail Rambut Monte, Surga Tersembunyi di Blitar Utara Watermark Ketik
Suasana sejuk di telaga Rambut Monte di Desa Krisik Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar Jawa Timur. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BLITAR – Telaga Rambut Monte di Desa Krisik Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar Jawa Timur layaknya surga tersembunyi. Telaga yang berada diujung utara Bumi Penataran, julukan Kabupaten Blitar itu memiliki air jernih dari mata air. 

Udara yang sejuk dan pepohonan yang hijau asri memanjakan perjalanan pengunjung dari loket karcis menuju ke telaga.

Sesampainya di telaga, mata pengunjung akan lebih termanjakan dengan adanya kolam biru yang sangat jernih dengan ribuan ikan berenang. Saking beningnya kolam Telaga Rambut Monte, ikan ikan terlihat meski dari kejauhan.

Sebelum mencapai telaga, pengunjung akan bertemu sebuah candi. Candi dan telaga berkaitan dengan legenda mengenai Mbah Monte.

Menurut warga sekitar Mbah Monte adalah orang sakti dari zaman Majapahit yang diyakini sebagai pemilik tempat itu. Ikan ikan di telaga Rambut Monte diyakini warga setempat sebagai dewa sehingga tidak boleh ditangkap apalagi dikonsumsi.

Rambut Monte berada di ujung utara kabupaten Blitar yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang. Untuk mencapai Rambut Monte bisa ditempuh kurang lebih 1.5 jam dari Kota Blitar.

Dari pusat Kota Blitar, menuju timur ke arah Malang melalui Kecamatan Garum, melewati Kecamatan Talun dan Wlingi. Jika ditempuh dari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang, rambut Monte hanya berkisar 2 KM dari Desa Pagersari.

Dengan membayar Rp 3.000 saja, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan dan sejuknya udara di Telaga Rambut Monte. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Kabupaten Blitar Rambut Monte Telaga Desa Krisik