Ratusan Hewan di Bondowoso Divaksinasi Rabies

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Mustopa

24 September 2023 06:23 24 Sep 2023 06:23

Thumbnail Ratusan Hewan di Bondowoso Divaksinasi Rabies Watermark Ketik
Sejumlah petugas memeriksa kucing yang akan divaksinasi (Ari Pangistu for ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sebanyak 133 ekor hewan di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur divaksinasi rabies. Hewan tersebut terdiri dari kucing, anjing, musang, dan monyet. 

Hewan-hewan ini divaksin secara gratis dalam acara "Vaksinasi Rabies dan Cat Show" di GOR Pelita Bondowoso, Minggu (24/9/2023). 

Kegiatan diselenggarakan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Bondowoso dalam rangka hari rabies se-dunia. 

Kabid Keswan Kesmavet dan P2HP Dinas Peternakan dan Perikanan Bondowoso, drh. Cendy Herdiawan mengatakan, selama ini masyarakat hanya mengetahui bahwa rabies itu menyerang anjing.

Padahal, hewan lain juga bisa berisiko menjadi faktor penularan rabies pada manusia. Seperti di antaranya Musang, Kucing, Kelelawar, dan lain-lain. 

Rendahnya informasi ini, semakin mengkhawatirkan. Kendati Jatim sudah bebas rabies, tetapi tetangga provinsi, yakni Bali masih belum bebas rabies.

Sementara, lalu lintas hewan terutama anjing dari Bali ke Jawa melalui jalur ilegal diduga masih banyak. "Melihat ini kami memandang perlu melakukan vaksinasi rabies," jelasnya.

Pihaknya menyiapkan ratusan dosis vaksinasi rabies. Pemprov Jatim memberikan alokasi vaksinasi ke kabupaten/kota yang sangat rawan tertular rabies.

Bahkan, apabila ada masyarakat yang hewannya belum divaksin bisa juga mendatangi seluruh Puskeswan yang tersebar di Bondowoso. Karena, ada 36 dokter hewan yang tersebar di seluruh Puskeswan di Bondowoso. 

"Atau bisa juga melalui aplikasi Dokternak, bisa diunduh aplikasi itu. Nanti itu akan muncul sesuai kebutuhan, di kecamatan mana," pungkasnya. 

Dalam acara tersebut juga diselenggarakan lomba makan dan fashion show kucing.(*)

Tombol Google News

Tags:

Rabies Bondowoso #HariRabiesDunia #DinasPeternakandanPerikanan