Ribuan Warga Pacitan Ikuti Aksi Peduli Palestina, Kumpulkan Donasi Ratusan Juta

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

26 November 2023 08:51 26 Nov 2023 08:51

Thumbnail Ribuan Warga Pacitan Ikuti Aksi Peduli Palestina, Kumpulkan Donasi Ratusan Juta Watermark Ketik
Suasana Aksi Peduli Palestina di Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Ribuan warga Kabupaten Pacitan, Jawa Timur mengikuti Aksi Peduli Palestina yang digelar di sepanjang jalan sekitar Alun-alun Kota, hari ini, Minggu (26/11/2023).

Aksi ini diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari pelajar, mahasiswa, ormas hingga masyarakat umum. Mereka tampak antusias dengan berpakaian nuansa putih membawa beragam atribut seperti bendera, slayer dan serban bersimbol Palestina.

Aksi dimulai pukul 06.00 WIB dengan berkumpul di Masjid Agung Darrul Fallah Pacitan. Peserta kemudian berjalan ke arah timur menuju Depan Pendopo berbelok ke kanan, dan menuju Panggung Akhir di Titik Nol Kilometer.

Panitia Pelaksana Aksi Peduli Palestina, Danang mengatakan bahwa aksi ini dilatarbelakangi oleh rasa kemanusiaan dari masyarakat kota seribu satu gua.

"Ini kepedulian kita khususnya masyarakat pacitan, atas kondisi saudara muslim yang ada di Palestina sekarang ini," jelasnya, Minggu (26/11/2023).

Foto Massa aksi melakukan long march melintasi depan Pendopo Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Massa aksi melakukan long march melintasi depan Pendopo Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Menurut Danang, pengorbanan yang diberikan masyarakat dalam aksi tersebut tidak sebanding dengan penderitaan yang dialami rakyat Palestina. Apalagi, lanjutnya, telah dimandatkan dalam konstitusi UUD 1945 bahwa kemerdekaan ialah hak segala bangsa.

"Oleh sebab itu, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Alhamdulillah kita bersyukur telah merdeka berkat perjuangan para pahlawan, para mujahidin terdahulu," sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, Danang juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada masyarakat Pacitan yang telah memberikan sumbangsihnya dalam rangka aksi peduli kemanusiaan tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Pacitan yang telah berpartisipasi dalam acara ini. Semoga apa yang kita berikan dapat bermanfaat bagi saudara-saudara kita di Palestina," imbuhnya.

Dalam acara tersebut, panitia menyebar para relawan untuk menghimpun dana untuk Palestina. Hingga berita ini ditulis, uang yang terkumpul sebesar Rp86.331.100, transfer sebesar Rp11.850.000, dan emas seberat 5,5 gram.

"Aksi ini diharapkan dapat memberikan semangat dan dukungan bagi rakyat Palestina untuk terus berjuang meraih kemerdekaan," pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan yang berlangsung dalam aksi tersebut di antaranya yakni, orasi, pembacaan puisi, doa bersama dan infaq kemanusiaan. (*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan Aksi Peduli Palestina Peduli Palestina Pacitan Aksi Peduli Palestina Pacitan