Rosma Caleg DPRD Surabaya Fokus pada Akar Masalah Masyarakat

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

13 Agustus 2023 10:35 13 Agt 2023 10:35

Thumbnail Rosma Caleg DPRD Surabaya Fokus pada Akar Masalah Masyarakat Watermark Ketik
Potret Caleg DPRD Surabaya Rosma Yuliani. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Rosma Yuliani ST calon legislatif (caleg) DPRD Kota Surabaya daerah pilihan (dapil) 5 bakal mencari akar masalah yang sering terjadi di wilayah pilihannya. 

Rosma merupakan caleg dari dapil 5 yaitu Karangpilang, Pakal, Asem Rowo, Benowo, Lakarsantri, Sukomanunggal, Sambikerep dan Tandes. 

Mengenai program yang bakal digarap, Wakil Ketua DPC Gerindra Surabaya ini menjelaskan memfokuskan beberapa masalah di masyarakat khususnya di Babatan Pilang terkait fasilitas umum yang kurang memadai. 

"Kalau yang dikeluhkesahkan warga Babatan ini mengenai fasum ya. Jadi selama ini fasumnya belum diserahkan ke pihak warga, jadi mereka kurang leluasa menggunakan fasum tersebut," paparnya saat kegiatan Ngajak Bestienya Ning Rosma Senam Bersama pada Minggu, (13/8/2023). 

Selain itu, Ia menyoroti tentang infrastruktur di wilayah dapilnya karena masalah utamanya adalah kemacetan. "Nah itu, saya tetap upayakan karena saya caleg dari dapil 5 ini, bagaimana pun apa yang menjadi keluh kesah mereka bisa menjadi masukan, dan saya sebagai perwakilan mereka," terang caleg dari Partai Gerindra nomor urut 2 ini. 

Selain itu, Ibu 3 anak ini mengungkapkan banyaknya keluh kesah warga terkait dengan PPDB Surabaya dengan sistem zonasi. Banyak ternyata anak-anak yang berprestasi tidak bisa masuk ke sekolah yang Ia inginkan karena keterbatasan aturan zonasi. 

"Saya rasa untuk daerah kita ya, sekolahnya belum terlalu cukup dengan banyaknya penduduk ya tidak sesuai,. Jadi itu perlu dipertimbangkan lagi," ujar Lulusan Fakultas Teknik UPN Jawa Timur. 

Ke depannya, Ia akan bergerak dalam penanganan stunting. Menurutnya stunting adalah masalahnya sangat kompleks karena masa depan bangsa ada di anak-anak. 

Menurut Wakil Ketua DPC Gerindra Surabaya ini pandemi membuat anak-anak mengalami kekurangan gizi akibat ekonomi yang terbatas. 

"Saya pingin punya program misalnya kita datang ke sekolah-sekolah, PAUD, TK.Mereka masih usia-usia golden age itu harus benar-benar mencukupi gizi  seperti telur, susu. Kalau kita kasih gizi yang cukup mereka akan jadi generasi yang cerdas kan," papar Wanita asal Surabaya ini. 

Mengenai masalah yang sering dijumpai di wilayah Lakarsantri dan Karangpilang menurutnya hanya beberapa rumah sakit todak semuanya menerima pasien BPJS.

Seharusnya, tidak hanya RS milik pemerintah saja yang menerima pasien BPJS, rumah sakit yang bagus seharusnya juga menerima dan melayani pasien asuransi pemerintah ini. 

"Harusnya semua lapisan masyarakat bisa masuk. Harapan kita kan seperti di luar negeri ya jadi kamu warga negara punya hak yang sama. Selama ini perlakuan pasien yang menggunakan BPJS berbeda," jelas Rosma. 

Jika Ia terpilih, harapannya pemerintah lebih perhatian, kalau pasien BPJS mendapat perlakuan yang kurang baik. Seharusnya memiliki hak yang sama khususnya di bidang kesehatan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rosma Yuliani caleg Gerindra Caleg DPRD Surabaya Pileg2024 pemilu2024