Sama dengan Muhammadyah, Jemaah An-Nadzir Gowa Sudah Salat Idul Fitri

Jurnalis: S. Widodo
Editor: M. Rifat

21 April 2023 21:41 21 Apr 2023 21:41

Thumbnail Sama dengan Muhammadyah, Jemaah An-Nadzir Gowa Sudah Salat Idul Fitri Watermark Ketik
Jemaah An-Nadzir sudah  Salat Idul Fitri kemarin (21/4/2023). (Foto: Humas An Nadzr)

KETIK, MAKASSAR Jemaah An-Nadzir menggelar Salat Idul Fitri 1444 Hijriah di Baitul Muqaddis, Kompleks Perkampungan An-Nadzir, Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Pelaksanaan Salat Idul Fitri digelar setelah para pimpinan Jemaah An-Nadzir melakukan pemantauan hilal dan menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada Jumat (21/4/2023).

Seluruh jemaah telah memadati sekitar pelaksanaan Salat Idul Fitri dengan mengenakan jubah dan surban serba  hitam yang menjadi ciri khas dari Jemaah An-Nadzir.

Imam salat dipimpin oleh Ustaz Samiruddin Pademmui yang merupakan pimpinan Jemaah An Nadzir saat ini.

"Tema Lebaran tahun ini yakni, Rapatkan Shaf Menyambut Imam Akhir Zaman," kata pimpinan Jemaah An-Nadzir, Ustad Samiruddin Pademmui Jumat (21/4/2023).

Tema tersebut diambil dalam rangka menyongsong perjuangan akhir zaman ini.

"Saya kira kita ingin merapatkan shaf, khususnya jemaah dalam rangka menyongsong perjuangan akhir zaman ini, terutama terkait datangnya imam akhir zaman Almahdi, termasuk An-Nadzir meyakini tentang kebenaran itu insya Allah," ungkapnya.

Sementara penetapan 1 Syawal yang berbeda dengan pemerintah. An-Nadzir memiliki metode tersendiri dalam menentukan awal Ramadan dan awal Syawal.

"An-Nadzir memang memiliki satu metodologi sendiri yang diajarkan oleh guru dan imam dan kita tetap konsisten di situ, kemudian kita padukan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan adanya aplikasi yang sudah kita teliti selama kurang lebih lima tahun dan itu sangat akurat," jelasnya.

"Apalagi tahun ini kita dibantu dengan gerhana matahari di akhir Ramadan, satu petunjuk bahwasanya ketika terjadi matahari itu pasti terjadi pergantian bulan tidak bisa dibantahkan itu," sambungnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

An Nadzr Gowa Idul Fitri lebaran