SD di Pacitan Libur 6 Hari, Dindik: Awasi Aktivitas Anak saat Lebaran

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

28 Maret 2024 07:41 28 Mar 2024 07:41

Thumbnail SD di Pacitan Libur 6 Hari, Dindik: Awasi Aktivitas Anak saat Lebaran Watermark Ketik
Aktivitas siswa-siswi SD Negeri di Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Pacitan, Jawa Timur memberikan jatah libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada seluruh siswa Sekolah Dasar (SD) selama 6 hari.

Libur tersebut terhitung sejak tanggal 12 April 2024 hingga 17 April 2024. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, Nomor: 421/26/408.37.02/2023 tentang Hari Efektif, Hari Efektif Fakultatif, dan Hari Libur Bagi Satuan Pendidikan di Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kepala Bidang Sekolah Dasar Wahyono mengatakan, pemberian libur tersebut sudah sesuai acuan atau yang tertera pada kalender pendidikan dan nasional.

"Jadi kalau libur anak-anak sekolah mengacu kalender pendidikan dan nasional yang mengatur itu semua," kata Wahyono di ruang kerjanya, Kamis (28/3/2024).

Kabid Wahyono mengatakan tidak ada tugas akademik bagi siswa yang berlibur. Anak-anak dibebaskan untuk menikmati liburan tanpa dibebani tanggung jawab kelas.

Namun, ia mengingatkan kepada orang tua siswa untuk selalu memantau anak-anak saat bermain. Agar selama liburan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan yang positif, terutama menunjang semangat belajar.

"Ya kalau sampai keluar kota kita tidak bisa memantau sampai di sana. Namun anak-anak selalu dipantau oleh guru jika itu di sekolah. Namun, setelah di rumah maka yang memantau orang tuanya sendiri," jelasnya.

Dindik Pacitan juga mengimbau kepada guru agar selalu memantau siswanya dan memberikan semangat serta motivasi selama libur agar tetap digunakan untuk belajar.

"Kemudian untuk guru pesan saya tolong selama masa libur anak-anak tetap dipantau. Harapannya, setelah libur nanti saat ketemu dalam kondisi yang sehat dan tidak lupa kepada apa yang sudah diajarkan sebelumnya," harapnya.

Tips Mengisi Libur Lebaran untuk Anak-anak:

  • Manfaatkan waktu libur untuk menjalin silaturahmi dan mempererat hubungan dengan keluarga.
  • Lakukan aktivitas belajar yang menyenangkan, seperti membaca buku, mengerjakan soal latihan, atau menonton video edukasi.
  • Ajak anak bermain di luar untuk berolahraga dan menghirup udara segar.
  • Ikuti kegiatan positif di lingkungan tempat tinggal, seperti mengaji, pramuka, atau kegiatan seni.
  • Jika memungkinkan, ajak anak berwisata untuk refreshing dan menambah pengetahuan. (*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan SD DI PACITAN Pendidikan