Sedekah Bumi, Representasi Tradisi Kearifan Lokal Jember

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Irwansyah

4 Maret 2023 11:22 4 Mar 2023 11:22

Thumbnail Sedekah Bumi, Representasi Tradisi Kearifan Lokal Jember Watermark Ketik
Bupati Jember Hendy saat menghadiri sedekah bumi dan pencanangan sebagai hari budaya Jember (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menggelar sedekah bumi di Alun-alun Jember, Sabtu (4/3/2023). Mengusung tema Gebyar Gunungan Hasil Tani, turut dimeriahkan oleh Pemkab Jember, Kementerian Pertanian RI, masyarakat daerah khususnya Kecamatan Sumberjambe, dan masyarakat umum Kabupaten Jember.

Bupati Jember Hendy menyebutkan bahwa sedekah bumi ini merupakan bagian dari kearifan lokal Jember. Kegiatan pagi ini merupakan representasi bahwa sedekah bumi sudah ada sejak dulu pada zaman Kerajaan Sadeng pada abad ke-14.

Ia menyebutkan sedekah bumi ini adalah persembahan dari para camat-camat yang mana tiap camat memiliki petani-petani dengan hasil buminya masing-masing.

“Kita ibaratkan camat itu adalah Wedana dan bupati sebagai Adipati. Sedekah bumi berupa potensi pertanian yang ada setiap kecamatan dan disedekahkan kepada pemerintah,” tutur Bupati Hendy.

Bupati Hendy juga menjelaskan, tujuan dari sedekah bumi tersebut agar pemerintah sadar akan pentingnya menjaga kelestarian keanekaragaman hasil pertanian.

“Pemerintah punya tanggung jawab untuk memasarkan serta menjaga hasil pertanian agar lebih bagus lagi kedepannya,” ujarnya.

Oleh karena itu, dalam kesempatan sedekah bumi ini, Bupati Jember mencanangkan Hari Budaya Kabupaten Jember. Harapannya nanti akan ditentukan kembali mengenai tanggal pastinya.

“Kami (Pemkab) akan berdiskusi dengan para budayawan dan akademisi, sehingga akan diperoleh tanggal yang tepat,” ungkapnya.

Sementara itu, ia juga akan mengagendakan sedekah bumi sebagai bagian dari kalender tahunan terkait Hari Budaya Jember.

“Insyaallah akan kita (Pemkab) bikinkan kalender tahunan tentang Hari Budaya Jember. Akan kami ajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kami hanya mendorong saja karena kembali lagi untuk masyarakat,” pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

tradisi lokal Sedekah Bumi Jember Pemkab Jember Bupati Hendy hari budaya Jember