Segera Diresmikan, Kawasan Kota Lama Surabaya akan Dilengkapi Penyewaan Jeep

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

6 Juni 2024 10:04 6 Jun 2024 10:04

Thumbnail Segera Diresmikan, Kawasan Kota Lama Surabaya akan Dilengkapi Penyewaan Jeep Watermark Ketik
Kawasan Kota Lama Surabaya. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Proses revitalisasi Kota Lama Surabaya akan segera selesai. Objek wisata baru di Kota Pahlawan ini akan segera diresmikan.

Nantinya akan terdapat banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para wisatawan, salah satunya adalah penyewaan jeep dan spot untuk Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM). 

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Hidayat Syah mengatakan, peresmian kawasan Kota Lama memang sempat mandur dari rencana awal yakni 31 Mei atau bertepatan dengan resepsi HUT ke-731 Kota Surabaya.

Karena memang proses pengerjaan revitalisasi belum selesai maka pihak kontraktor meminta tambahan waktu. Rencananya objek wisata tersebut akan diresmikan pada pertengahan Juni nanti.

"Pertengahan bulan Juni diresmikan, karena masih banyak yang di-finishing, pekerjaan fisiknya sudah selesai, finishing-nya yang agak lama," ujar Hidayat kepada Ketik.co.id, Kamis (6/6/2024).

Saat ini proses revitalisasi Kota Lama Surabaya memasuki tahap akhir, proses pengerjaan telah memasuki tahap penataan trotoar dan pengecatan bangunan tua cagar budaya. Pemkot Surabaya juga mengajak para UMKM ikut serta dengan menyediakan stand-stand untuk berjualan. 

"Itu kan beberapa sudah tertata semua, utilitas sudah selesai, tinggal nanti dikasih keramik," tambah Hidayat.

"Nanti UMKM akan sama seperti di jalan Tunjungan itu, mereka akan menyewa gedungnya, mereka akan jualan di situ, jadi lebih teratur," imbuhnya.

Pemkot Surabaya juga menyediakan fasilitas penyewaan jeep yang dapat digunakan untuk berkeliling di kawasan Kota Lama.

Hingga saat ini antusiasme masyarakat terhadap objek wisata Kota Lama sangat besar, beberapa wisatawan bahkan sempat terlihat mengunjungi kawasan tersebut walaupun proses revitalisasi masih berlangsung.

"Ada penyewaan jeep, sementara jeep dulu dan sejauh ini walaupun belum diresmikan sudah banyak wisatawan datang ke sana," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

objek wisata Pemkot Surabaya Kawasan Kota Lama Persewaan Jeep revitalisasi Warga Surabaya wisatawan