Smartphone Terasa Lemot? Gunakan Aplikasi Berikut untuk Menghapus File Tidak Penting

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

15 Maret 2024 18:10 15 Mar 2024 18:10

Thumbnail Smartphone Terasa Lemot? Gunakan Aplikasi Berikut untuk Menghapus File Tidak Penting Watermark Ketik
Ilustrasi smartphone. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Dalam penggunaan sehari-hari, smartphone sering kali terisi dengan berbagai file sementara, cache, dan berkas-berkas lain yang tidak terpakai terutama untuk smartphone android.

Tumpukan file ini jika dibiarkan lama kelamaan akan membuat performa smartphone menjadi turun dan lemot.

Jika sudah lemot maka akan menyulitkan dalam melakukan berbagai aktivitas di smartphone. Oleh sebab itu file sementara tersebut harus dibersihkan. secara berkala agar performa smartphone bisa tetap terjaga.

Berikut ini adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk membersihkan file sementara di smartphone agar performanya bisa selalu terjaga.

1. DU Speed Booster

DU Speed Booster adalah aplikasi yang membantu menjaga kinerja optimal Android dengan membersihkan cache dan memori, serta melindungi perangkat dengan antivirus Du Security. 

2. CC Cleaner

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang cukup populer di Android. Dengan aplikasi ini kamu bisa membersihkan cache, folder unduhan, riwayat browser, dan konten papan klip. Selain itu aplikasi ini juga bisa memaksimalkan kinerja dari RAM agar kemampuan prosesingnya bisa terjaga.

3. Clean master

Aplikasi ini merupakan aplikasi pembersih nomor satu di OS Android dengan jumlah unduhan sebanyak 50 juta. Hal ini tentu saja tidak mengherankan karena fitur yang ditawarkan sangat beragam. Mulai dari membersihkan cache, menghemat baterai hingga melindungi smartphone dari serangan virus.

4. Avast Cleanup & Boost

Avast Cleanup & Boost merupakan aplikasi pembersih file sampah dari Avast, yang sudah dikenal sebagai pembuat antivirus terkenal. Aplikasi ini dapat meningkatkan kinerja hp dengan cepat dan hanya memiliki ukuran 15MB. 

5. 360 Security – Junk Cleaner

Sesuai dengan namanua aplikasi ini menawarkan fitur keamanan dan pembersihan. Aplikasi ini mampu melindungi smartphone dari serangan virus dan juga menghapus file sementara yang tidak penting.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi smartphone cache file sementara Performa RAM Aplikasi pembersih