Solidkan Almamater Kampus, IKA UB Kaltim Sukses Gelar Reuni & Silaturahmi bersama Rektor

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Mustopa

3 Agustus 2023 16:28 3 Agt 2023 16:28

Thumbnail Solidkan Almamater Kampus, IKA UB Kaltim Sukses Gelar Reuni & Silaturahmi bersama Rektor Watermark Ketik
IKOMPAK & SOLID: IKA UB berfoto bersama dalam gelaran reuni & silaturahmi bersama Rektor Universitas Brawijaya yang juga dirangkai Musda Pengurus Daerah Kaltim. (Foto: Firli for Ketik.co.id))

KETIK, BALIKPAPAN – Puluhan alumni Universitas Brawijaya yang berada di Kalimantan Timur berkumpul bersama untuk menguatkan silaturahmi. Kegiatan berlangsung di Kota Balikpapan, kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kamis (3/8/2023).

Acara yang digelar di Hotel Grand Tjokro tersebut bertajuk Reuni & Silaturahmi bersama Rektor Universitas Brawijaya. Kegiatan itu juga dirangkai dengan Musyawarah Daerah (Musda) Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) Pengurus Daerah Kaltim.

Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Widodo, S.Si, M.Si, Ph.D Med Sc mengaku bersyukur bisa bersilaturahmi dengan alumni Universitas Brawijaya yang ada di Kaltim. Kebetulan dia mendapat undangan dari otorita IKN untuk menjalin kerjasama.

Widodo menyampaikan rencana Universitas Brawijaya membangun research centre di IKN, khususnya tentang ketahanan pangan dan keragaman hayati. Karena itu, dia menginginkan peran serta alumni untuk ikut berkontribusi 

”Kita berharap dengan adanya IKN, alumni Universitas Brawijaya bisa berkarya lebih banyak pada masyarakat dan bisa membantu pembangunan sumber daya manusia yang ada di perguruan tinggi khususnya untuk kampus Universitas Brawijaya,” katanya, Kamis (3/8/2023).

Dia juga mengingatkan kepada seluruh alumni untuk menguatkan silaturahmi dan meningkatkan rasa persaudaraan. Karena itu bisa menjadi kekuatan yang solid untuk membangun Indonesia.

Foto Musyawarah Daerah (Musda) Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) Pengurus Daerah Kaltim (Foto: Firli for Ketik.co.id)Musyawarah Daerah (Musda) Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) Pengurus Daerah Kaltim (Foto: Firli for Ketik.co.id)

Sementara Ketua Bidang Koperasi, Wirausaha Pengurus Pusat Universitas Brawijaya, Dilan Batuparan mengingatkan kembali tujuan dibentuknya IKA UB. Yakni untuk bisa bersilaturahmi dan saling bekerja sama, bersinergi memanfaatkan sumber daya manusia yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

”Jadi, kita buat dan kembangkan ikatan alumni ini untuk bisa mengumpulkan sumber daya itu semua dalam satu jejaring yang bisa saling membantu dan mendukung untuk berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia secara umum,” jelasnya.

Menurut Dilan, jumlah alumni UB yang tersebar di berbagai pelosok negeri kemungkinan sudah mencapai ratusan ribu. Sebab, setiap tahunnya sejak era 60-an, kampus yang berbasis di Malang Jawa Timur itu menghasilkan belasan ribu lulusan.

”Untuk itu kita sedang mengkonsolidasikan, untuk pembentukan sebanyak mungkin baik pengurus daerah maupun pengurus cabang. Supaya alumni-alumni kita yang berada di manapun di Indonesia termasuk Kaltim ini, supaya bisa saling bertemu dan bersinergi untuk berkontribusi,” tegasnya.

Soal IKN, Dilan mengakui memang sudah ada program kerjasama antara Universitas Brawijaya dengan otorita IKN “Kami ikut menyediakan sumber daya manusia yang bisa memberi support terhadap program kerjasama antara universitas dengan otorita IKN,” jelasnya.

Foto Deputi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN, Myrna Asnawati Safitri saat memberikan sambutan (Foto: Firli for Ketik.co.id)Deputi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN, Myrna Asnawati Safitri saat memberikan sambutan (Foto: Firli for Ketik.co.id)

Deputi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN, Myrna Asnawati Safitri berharap pertemuan ini membuat IKA UB Kaltim semakin solid. Mengingat, jumlah alumni Universitas Brawijaya di Kalimantan Timur cukup banyak. 

Sebagai informasi, Myrna Asnawati Safitri yang juga alumni Universitas Brawijaya akhirnya terpilih sebagai Ketua IKA UB Kaltim dalam Musyawarah Daerah (Musda) Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) Pengurus Daerah Kaltim.(*)

Tombol Google News

Tags:

IKA UB Alumni UB IKN Nusantara IKN Universitas Brawijaya